11 Agustus 2018

UNIMUDA Sorong Gandeng Unicef dan RRI Sorong Peringati HAN 2018

Doni Sudibyo saat memberikan sambutan Selamat Datang pada HAN 2018

Sorong | Hari Anak Nasional atau sering disingkat dengan HAN secara resmi diperingati setiap tanggal 23 Juli sejak tahun 1984, hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Sementara, di berbagai tempat di seluruh dunia, hari Anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang melalui Lembaga penelitian, Pengembanangan dan Pengabdian pada Masyakarat (LP3M) secara serius telah ikut andil dalam menghormati sekaligus beraksi turut memenuhi kebutuhan hak anak Indonesia khususnya di tanah Papua. Sejak tahu 2015 UNIMUDA Sorong secara resmi telah bermitra denga lembaga donor dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui Unicef serta Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong dan Raja Ampat untuk bersama-sama membangun tanah Papua melalui bidang pendidikan dan kesehatan.

Pada tahun 2018 ini melalui program kemitraanya dalam bidang Pengembangan Anak Usia Dini – Holistik Integratif (PAUD-HI) tengah mendukung pemerintah Indonesia dengan memperingati Hari Anak Nasional bersama seluruh PAUD di Kabupaten Sorong yang dipusatkan di Sportorium Kampus UNIMUDA Sorong pada tanggal 9 Agustus 2018 yang dikemas dengan acara Senam Ceria, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) serta Live Talk Show para pemangku kebijakan bersama LPP RRI Sorong.

Koordinator Program PAUD-HI untuk Program Kemitraan UNIMUDA dan Unicef, Doni Sudibyo, M.Pd., dalam hal ini juga sebagai yang mewakili tuan Rumah UNIMUDA Sorong saat memberikan sambutan selamat datangnya menyampaikan ucapakan terima kasih sekaligus memberikan aspresiasi kepada seluruh lintas sektoral yang telah bersama-sama menyelenggarakan kegiatan ini, namun dirinya juga berharap hal ini bukan semata-mata hanya kegiatan ceremony saja, namun juga harus dibuktikan dengan aksi-aksi nyata yang bisa memenuhi hak anak.

“UNIMUDA Sorong selain bergerak dalam bidang pendidikan, saat ini juga telah konsen dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yaitu dengan menggandeng beberapa lembaga donor baik dalam skala nasional maupun internasional, dan sejak tahun 2015 Unimuda Sorong bersama Unicef telah mendukung pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan melalui program literasi dan PAUD holistic integrative di daerah pedalaman dan terpencil, sehingga dalam hal ini kami bukan hanya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat seremonial semata namun juga dengan aksi nyata”. Ungkap Doni.  

Sementara itu Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, M,Si., juga memberikan sambutan dengan membacakan amanah dari Kementerian Pemberdayaan Peremuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise yaitu stop kekerasan terhadap anak-anak, karena salah satu faktor majunya sebuah Negara adalah ketika Negara tersebut sudah tidak ada lagi kasus-kasus kekerasan terhadap anak dirinya juga berpesan bahwa jaga dan hormati kebersamaan yang telah dibangun di kabupaten sorong ini. Pada kesempatan itu juga wakil bupati Sorong yang menjabat 2 periode tersebut juga membuka secara resmi peringatan Hari Anak Nasional tahun 2018.

Peringatan HAN tahun 2018 di Unimuda Sorong juga dihadiri oleh Kepala LLP RRI Sorong, Bunda PAUD Kabupaten Sorong (Ibu Bupati sekaligus Ketua PKK), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong, Ketua GOW, Dharmawanita Kabupaten Sorong, IGTKI Kabupaten Sorong, Kepala Kantor Unicef Papua, Polres Sorong dan juga dihadiri sebanyak 1.150 anak dari seluruh PAUD se Kabupaten Sorong. [ds].

UNIMUDA Sorong, UnicefIndonesia