13 Agustus 2018

Klarifikasi Sayembara Logo UNIMUDA SORONG

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum wr wb

Memperhatikan perkembangan yang terjadi di media sosial terkait pengumuman hasil keputusan sayembara desain logo UNIMUDA Sorong, maka panitia sayembara merasa perlu untuk menyampaikan beberapa hal berikut, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan mencegah meluasnya hal-hal lain yang bersifat kontraproduktif. Selain itu, tujuan membangun mashlahat dan menjalin ukhuwah yang lebih luas kiranya menjadi prioritas kita bersama.

  1. UNIMUDA Sorong terus mendorong terciptanya model komunikasi dan penyampaian saran serta ide yang menjunjung tinggi kesantunan dan akhlaqul karimah. Menjauhi hujatan, serta model bahasa (baik tulisan maupun verbal) semisal yang bersifat negatif dan kontraproduktif. Kebaikan yang disampaikan dengan cara yang baik kami yakini akan berdampak jauh lebih baik, dibandingkan disampaikan dengan cara yang kurang baik dan/atau tidak tepat.
  2. UNIMUDA Sorong terus berusaha mengedepankan musyawarah yang baik berlandaskan nilai-nilai kebaikan yang universal dalam menyelesaikan suatu persoalan.
  3. Dinamika di lapangan (utamanya di media sosial) terkait hasil keputusan sayembara desain logo, kami yakini sebagai bukti perhatian yang sangat tinggi dari para partisipan dan warganet kepada UNIMUDA Sorong agar menjadi lebih baik dari segala sektor. Segala masukan yang bersifat membangun kami terima sebagai bahan acuan melakukan evaluasi di berbagai lini.
  4. Khusus mengenai pengumuman hasil sayembara logo beberapa waktu lalu, maka berikut kami sampaikan beberapa hal:
    • Panitia dengan apresiasi yang tinggi, sekali lagi menyampaikan terima kasih atas segala partisipasi dan masukan dari semua partisipan sayembara.
    • Panitia ingin mengingatkan kembali kepada semua pihak, terkait ketentuan yang menyebutkan bahwa keputusan juri tidak dapat diganggu gugat, tetap menjadi pegangan panitia dalam menjalankan proses penilaian. Panitia berharap hal tersebut menjadi maklum bagi semua pihak dan menjadikannya sebagai kesepakatan bersama yang saling mengikat.
    • Kami memastikan bahwa dari sekian banyak partisipan yang mengirimkan karyanya, juri yang terdiri dari perwakilan Senat Perguruan Tinggi telah memilih satu karya sebagai representasi pemenang. Satu karya tersebut berdasarkan hasil musyawarah tidak kemudian diambil secara utuh desainnya, namun diintegrasikan bagiannya dengan desain logo yang merupakan desain logo sementara UNIMUDA Sorong. Dewan juri secara umum meyakini bahwa proses ini tidak menyalahi ketentuan dan dapat diterima sebagai bagian dari keputusan yang kemudian ditetapkan.
    • Partisipan sayembara yang dimaksud pada poin 4.3 adalah atas nama : Ayu Rahfisa Lestari
    • Hasil keputusan juri tersebut telah kami tuangkan dalam pengumuman yang telah diunggah dalam media sosial dan laman web sesuai dengan proses yang telah kami sebutkan di atas.
    • Panitia memastikan bahwa partisipan dengan nama sebagaimana tersebut diatas, telah kami konfirmasi dan kami pastikan pula bahwa yang bersangkutan dapat menerima keputusan juri.
    • Panitia juga dapat memastikan bahwa yang bersangkutan telah menerima haknya berupa insentif sebagai bagian dari apresiasi UNIMUDA Sorong.
    • Keputusan sebagaimana tersebut dalam poin 4.3 sama sekali tidak mengindikasikan prasangka yang menyebutkan bahwa Juri tidak puas dengan semua desain yang dikirimkan oleh peserta. Kami menegaskan sekali lagi bahwa hal tersebut tidaklah benar. Kami sangat memberi apresiasi yang tinggi atas semua karya yang telah masuk, yang merupakan karya cipta yang dapat dibangggakan. Adapun keputusan yang diambil tersebut lebih pada pertimbangan Juri terkait kesesuaian filosofi, relevansi dan korelasi makna per bagian dari desain yang masuk dengan visi dan misi serta karakter UNIMUDA Sorong. Semua dilakukan dengan diskusi yang Panjang dan komprehensif.
    • Terkait keterlambatan pengumuman yang sedianya diumumkan pada tanggal 4 Agustus, hal ini semata-mata disebabkan oleh hal teknis di lapangan. Dimana Juri harus memastikan forum yang juga terdiri dari Senat Perguruan Tinggi dapat berkumpul dengan lengkap. Untuk hal ini, dengan segala kerendahan hati sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf.

Demikian kiranya yang dapat kami sampaikan sebagai bahan klarifikasi resmi. Semoga bisa menjadi maklum bagi semua pihak. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih dan permohonan maaf atas hal-hal yang kurang berkenan. Semoga sumbang saran dan masukan dari semua pihak mendapat balasan kebaikan dari Allah Tabaraka wa Ta’ala.

Jazaakumullah khairan

Wassalamu’alaikum wr wb

 

Hormat kami

 ttd

Panitia Sayembara Desain Logo UNIMUDA Sorong