25 Agustus 2018

Rektor Unimuda Sorong Lepas 752 Duta FKIP untuk Magang

Rektor Unimuda Sorong melepas Mahasisw Magang 2018

Sorong | Seiring dengan kebijakan kurikulum LPTK, maka FKIP Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong telah menetapkan magang sebagai mata kuliah baru dan wajib bagi mahasiswa mulai angkatan 2012. Magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing) dan juga merupakan upaya pengenalan secara dini mahasiswa kepada sekolah (early exposure) yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Magang I, II, dan III.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) - Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong pada tahun akademik 2018/2019 ini telah menyiapkan sebanyak 752 mahasiswa dari 9 program studi untuk diterjunkan ke sekolah – sekolah dan lembaga mitra.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., bertempat di gedung sportorium, Kampus UNIMUDA Sorong, Sabtu, 25/8/2018 kemarin (red) secara resmi telah melepas sebanyak 752 mahasiswa yang siap diterjunkan ke tengah masyarakat. Dalam sambutan Rektor Unimuda Sorong dirinya secara lembaga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang siap melaksanakan magang dan PPL pada tahun ini, bahwa para mahasiswa yang diterjunkan ini harus bisa membawa nilai-nilai kebaikan yang ada di kampus UNIMUDA Sorong, baik kebaikan secara karakter, akademik maupun non akademik.

“…saudara-saudara adalah duta-duta dari kampus Unimuda Sorong, sehingga bawalah nama baik almamater anda dan bawalah nilai-nilai kebaikan yang ada di kampus ini, baik secara akademik, karakter maupun non akademik, karena jika anda baik, rajin, disipilin maka nama kampus Unimuda Sorong pun akan naik, bgitupun sebaliknya, dan juga nilai-nilai itu merupakan salah satu indikator keberhasilan program magang dan PPL ini”. Ungkap rektor.

Pada kesempatan itu juga Kpala Biro Akademik UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd., juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua Unsur di Unimuda Sorong, karena program Magang dan PPL pada tahun akademik 2018/2019 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh ketua program studi, pada dosen, dan juga terkhusus kepada Tim Satuan Tugas (Satgas) Magang dan PPL, capaian pada tahun ini merupakan capaian tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya, baik secara kuantitas maupun kualitas, sehingga mari kita jaga terus tim yang ada di kampus Unimuda Sorong ini”. Jelas Doni.

Sementara itu ketua Satuan Tugas (Satgas) Magang dan PPL Tahun 2018, Farchamulloh, M.Pd., melaporkan hasil data rekapitulasi dari tim satgas, bahwa pada tahun 2018/2019 ini ada 752 mahasiswa yang telah dinyatakan siap baik secara akademik, maupun siap secara administrasi di tingkat Satgas. Jumlah tersebut berasal dari 9 program studi dan akan didistribusikan ke 72 sekolah dan lembaga mitra yang ada di kota dan kabupaten di provinsi papua barat.

“….kegiatan pada sore hari ini yaitu kegiatan pelapasan mahasiswa magang dan PPL yang dirangkaikan dengan pembekalan Magang dan PPL, tercatat ada 752 mahasiswa yang telah dinyatakan siap untuk diterjunkan ke masyarkat dan ada 72 sekolah dan lembaga mitra yang telah siap menjadi mitra program magang dan PPL pada tahun ini”. Terang Farcham.

Ketua Satgas yang juga adalah Dosen Tetap pada program studi Pendidikan Olahraga tersebut juga menambahkan bahwa kegiatan pembekalan magang dan ppl ini berjalan selama 2 hari, kegiatan ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademik maupun non akademik, karena tugas dari mahasiswa praktikan itu nanti bukan hanya saja sebagai calon guru tetapi juga harus menjadi seorang mahasiswa yang tanggap (respect) akan situasi yang ada di sekolah maupun lembaga.

Sebagai informasi bahwa pada tahun 2018/2019 selain magang, masih ada 1 angakatan yang melaksanakan program Prkatik Pengalaman Lapangan (PPL) dan tahun ini merupakan tehun terakhir, dan mulai tahun depan semua program studi yang ada di FKIP Unimuda sorong akan melaksakan Magang. [ds].

UNIMUDA Sorong