02 September 2018

Kemenristekdikti Resmi serahkan SK UNIMUDA Sorong

Penyerahan SK Unmida Sorong oleh kepala LLDikti Papua dan Papua Barat

unimudasorong.ac.id | Perjalanan panjang proses menuju perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong telah berakhir pada tanggal 5 Juli 2018, hal ini ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti RI) Nomor: 157/KPT/I/2018 Tanggal 5 Juli 2018 tentang Perubahan Bentuk STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, dan SK tersebut secara resmi telah diserahkan oleh Menristekditki melalui Kepala Lembaga Layanan Pendidikan (LLDikti) wilayah Papua dan Papua Barat kepada Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong hari Sabtu, 2 September 2018 kemarin (red).

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., saat memberikan sambutan dalam acara Penyerahan Surat Keputusan UNIMUDA Sorong dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, Persyarikatan Muhammadiyah, pemerintah daerah, pejabat eksekutif dan legeslatif, pejabat Militer, dan semua elemen masyarakat yang telah mendukung proses perubahan bentuk dari STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi Universitas Pedidikan Muhammadiyah Sorong.

“…dan hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi kami, karena 14 tahun lalu kami adalah Sekolah tinggi yaitu STKIP Muhammadiyah Sorong, dan Alhamdulillah detik ini kami sudah syah dan resmi menjadi sebuah Universitas yaitu UNIMUDA Sorong berdasarkan SK Menristekdikti No. 547/KTP/I/2018 tanggal 5 Juli 2018, hal ini tidak lain adalah hasil kerja keras tim dan juga dukungan dari semua elemen”. Ungkap Rektor Unimuda Sorong.

Sambutan Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong diakhiri dengan parade mahasiswa dari seluruh program studi yang dimulai dari : Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Humaniora dan juga program studi Profesi Pendidikan Guru (PPG) Prajabatan tahun 2018.

Sementara itu Kepala LLdikti Wilayah Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S. Mofu, M.Ed., M.Phil., mengatakan bahwa dengan berubahnya STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi Unimuda Sorong ini berarti pihak universitas harus lebih solid dalam menyiapkan sumber daya dan juga harus tetap mempertahankan tim yang sudah ada, karena setelah menjadi universitas tentunya beban kinerjanya juga semakin besar.

‘’tantangan setelah manjadi universitas tentunya semakin besar, sehingga ciptakanlah kader-kader kepeminpinan yang nantinya bisa meneruskan estafet perguruan tinggi ini, sehingga roda organisasi perguruan tinggi akan terus harmonis dan nantinya tentu akan terus mampu untuk bersaing”. Ujar Mofu.

Dirinya juga menambahkan bahwa dengan turunnya 2 (dua) SK Menristekdikti yaitu perubahan badan Penyelenggara Perguruan Tinggi yang semula adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong menjadi Persyarikatan Muhammadiyah dan SK Perubahan bentuk dari STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong maka akretitasi baik institusi dan program studi yang sudah ada tetap melekat dan tentunya harus ditingkatkan ke akreditasi maksimal.

Dalam kesempatan itu juga hadir Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah, Prof. Irwan Akib, dan juga Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, S.Sos., M.Si., dan keduanya juga memberikan sambutan dan juga memberikan apresiasi kepada Unimuda Sorong yang telah berjuang keras untuk membawa naik baik Persyarikatan Muhammadiyah dan juga Pemerintah Kabupaten Sorong.

Acara Penyerahan SK Menristekdikti tentang Unimuda Sorong itu dihadiri oleh para tamu udangan perwakilan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah seperti Universitas Prof. DR. Hamka Jakarta, Universitas Muhammmadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muhammadiyah Sorong dan juga diikuti oleh seluruh dosen Unimuda Sorong, STIKOM Jayapura, STKIP Muhammadiyah Manokwari dan juga ribuan mahasiswa baru Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. [ds].

UNIMUDA Sorong, Ppgprajabunimudasorong