02 Oktober 2018

UNIMUDA Sorong dan UNICEF Terus Berkomitmen Penuhi Hak Anak

Rektor UNIMUDA Sorong saat memberikan Sambutan Pelatihan Program Kemitraan

Sorong | Sebagai salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong telah menggandeng beberapa lembaga donor baik dalam skala nasional maupun internasiol, dan sejak tahun 2015 UNIMUDA Sorong secara resmi telah bermitra dengan lembaga donor dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui UNICEF Indonesia sebagai pelaksana program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ada beberapa program yang dilaksanakan yaitu program literasi untuk sekolah dasar kelas awal, pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI dan juga Pendidikan kecapakan Hidup sehat (Life Skill Education).

Spesial Pendidikan Unicef Tanah Papua, Try Laksono Harysantoso saat menghadiri pelatihan Child Safe Guarding bagi para Tim Pelatih UNIMUDA Sorong, menyampaiakan bahwa saat ini Unicef juga telah membangun beberapa sistem baru diantaranya adalah perlindungan anak yang harus dilaksanakan pada semua program Unicef bersama mitra-mitranya.

“…saat ini kami dari tim UNICEF sebenarnya ingin mengembangkan sistem baru di kabupaten Sorong melalui UNIMUDA Sorong yaitu Sistem Perlindungan Hak Anak, karena memang pada dasarnya bahwa kami (UNICEF) itu kan konsen yah dalam pemenuhan hak anak, sehingga sebagai langkah awal untuk sistem ini adalah kami membuat sebuah pelatihan (Child Safe Guarding) bagi para mitra Unicef di Tanah Papua, dan salah satunya adalah di UNIMUDA Sorong”. terang Try.

Dirinya juga berharap bahwa dengan adanya pelatihan tersebut para mitra bisa mengimplementasikan Rencana Tindak Lanjut yang telah dibuat yaitu dengan membagun sistem di daerah masing-masing mitra dan sebagai hal kongkrit adalah para mitra terutama UNIMUDA Sorong harus melaksanakan program-program yang bisa mengurangi tindakan kekerasan yang kerap terjadi di tanah Papua ini.  

Sementara itu, Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., saat memberikan sambutan dalam penutupan Pelatihan tersebut, menyampaikan bahwa dirinya secara lembaga memberikan apresiasi kepada Tim Unicef yang telah bersinergi dengan UNIMUDA Sorong dalam bidang penuhan Hak Anak, terutama pemenuhan hak anak untuk yang di daerah pinggiran dan terpencil di tanah Papua.

“…UNIMUDA Sorong sangat memberikan apresiasi kepada Unicef yang telah bersinergi dengan kami dan juga Dinas Pendidikan dan Kabudayaan, karena bersinergi itu artinya menggabungkan dua atau lebih sebuah kekuatan dan menghasilan kekuatan atau karya yang lebih besar, sehingga UNIMUDA Sorong sangat terbantu khususnya dalam peningkatan kapasistas tim dari UNIMUDA Sorong, dan kami juga berharap bahwa jika program ini berakhir maka para tim UNIMUDA Sorong ini harus menjadi orang – orang yang unggul di daerahnya masing-masing”. Terang Rustamadji.

Dalam kesempatan itu pula, Manajer Program Kemitraan, Unicef dan UNIMUDA Sorong, Nursalim, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban kita karena kegiatan ini merupakan pesan nasional bahkan pesan dunia yang harus dilaksanakan, sehingga pelatihan ini kedepanya dapat dilaksanakan oleh tim UNIMUDA Sorong baik dari Tim Literasi, PAUD-HI maupun LSE.

Pelatihan Child Safe Guarding ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh mitra Unicef, dan UNIMUDA Sorong merupakan mitra pertama yang dilatih program ini, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 1 – 2 Oktober 2018 bertempat di Auditorium Kampus UNIMUDA Sorong, diikuti oleh 35 Peserta dari Tim Literasi, PAUD-HI dan LSE serta perwakilan Dosen dari pgoram studi PGSD, kegiatan ini dilatih langsung oleh para Trainer dari yayasan Teman Baik Jakarta, pelatihan tersebut ditutup secara resmi oleh Rektor UNIMUDA Sorong. [ds].

UNIMUDA Sorong, UnicefIndonesia