07 November 2018

104 Mahasiswa PPG 3T Unimuda Ikuti Orientasi Akademik

Saat Sambutan Koordinator PPG - FKIP Unimuda Sorong

Sorong | Setelah menjalani proses seleksi untuk mengikuti kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 3T, 104 mahasiswa PPG 3T dengan penempatan pendidikan di kampus Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong mengikuti masa orientasi akademik sebelum menjalani pendidikan selama 2 semester.

Rektor Unimuda, Dr. Rustamadji, M.Si., mengatakan kepercayaan Kementerian Riset dan Dikti kepada Unimuda dalam melaksanakan kegiatan PPG 3T harus dijaga dengan baik, sama halnya dengan kepercayaan PPG Prajabatan bersubsidi yang telah berlangsung sebelumnya, dan diharapkan setelah menjalani kegiatan ini nanti, menghasilkan guru-guru profesional.

"Kepercayaan yang diberikan harus dipertahankan, dijaga dengan baik, karena kita akan mencetak guru berkualitas dan profesional yang nantinya akan menjalankan tugas dengan baik, apalagi ini program PPG 3T yang terakhir" kata Rustamadji, Rabu (7/11/2018).

Sementara itu, Penanggung jawab program PPG 3T, Doni Sudibyo, M.Pd., menjelaskan untuk PPG 3T dari sisi program sama, namun yang membedakan, PPG 3T dibiayai penuh oleh kementerian ristek dan Dikti, sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir selama menempuh study selama 2 semester, pembiayaan meliputi makan minum, biaya pakaian, fasilitas untuk pengerjaan tugas dan uang saku setiap bulan selama sebelas bulan.
peserta PPG Prajab 3T Unimuda Sorong
"Jumlah peserta  104 untuk dua bidang study dengan 4 rombongan belajar, pendidikan PGSD 46 mahasiswa dan pendidikan matematika 58 mahasiswa, selama sepekan mereka akan ikuti bimbingan orientasi mengenali kampus, ke 104 peserta PPG Prajab 3T tersebut berasal dari provinsi Papua dan Papua Barat" kata Doni Sudibyo.

Kegiatan Orientasi Akademik bagi peserta PPG Prajabatan Daerah 3T di Unimuda Sorong diselenggarakan selama 2 hari, yaitu dari tanggal 7 - 8 November 2018 bertempat di Kampus UNIMUDA Sorong, dan selama masa orientasi tersebut para peserta akan diberikan materi-materi umum terkait tentang sistem pembelajaran PPG selama satu tahun.

Berdasarkan keputusan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk kegiatan Pendidikan Profesi Guru 3T hanya diberikan kepercayaan kepada 8 perguruan tinggi se-Indonesia, salah satunya Unimuda Sorong. [ds/yd]

Ppgprajabunimudasorong