22 November 2018

UNIMUDA Dipercaya Gelar Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2018

Rektor Unimuda Sorong saat memberikan sambutan

unimuda.ac.id. Untuk pertama kalinya, UNIMUDA Sorong diberi kepercayaan oleh Kemristekdikti  menyelenggarakan Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2018 sesuai surat Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemristekdikti nomor 4152/E5.2/TU/2018 tanggal 18 Oktober 2018. “Alhamdulillah workshop yang dibuka oleh Dr. Sadjuga, M.Sc. selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual berlangsung dengan lancar dan ruangan penuh”. Demikian disampaikan Fathurrahman, M.Pd. selaku Sekretaris LP3M saat berlangsungnya pembukaan workshop di Meeting Room UNIMUDA Sorong, 16 November 2018.

Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu manajemen dan pengelolaan jurnal ilmiah yang efektif dan efisien. Sistem manajemen dan pengelolaan jurnal harus mengacu kepada instrumen-instrumen dan kriteria-kriteria yang disyaratkan oleh akreditasi jurnal nasional dan lembaga pengindeks internasional dan yang terpenting adalah bahwa artikel-artikel dari jurnal harus dipublikasi secara daring.

Target utama dari kegiatan ini adalah pengelola jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri dapat mengetahui gambaran hasil nilai yang telah dilakukan verifikasi oleh tim asesor sehingga pengelola jurnal dapat segera melakukan usulan akreditasi jurnal masing-masing.

Workshop dihadiri oleh peserta pelatihan berjumlah 60 orang dari 30 jurnal ilmiah dan sejumlah narasumber dari Dit. Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemristekdikti, diantaranya Dr. Sadjuga, M.Sc. (Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual), Dr. Lukman (Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah), Yoga Dwi Arianda (Ka. Seksi Jurnal Ilmiah Nasional), Prof. Dr. Harun Joko Prayitno (UMS), Daniel Oranova Siahaan S.Kom, M.Sc., PDEng. (ITS), Huda M. Elmatsani (BPPT), dan Dwi Ridho Aulianto (LIPI).

Mewakili UNIMUDA Sorong, Fathurrahman, M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemristekdikti, "pada kesempatan ini kami sangat bersyukur atas amanah yang diberikan dan berterima kasih kepada Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual yang telah menggelar workshop di UNIMUDA Sorong. Tentu hal ini menunjukkan perhatian yang sangat besar dari Pemerintah Pusat bagi pengembangan publikasi ilmiah di Tanah Papua".  [AT]