05 Januari 2019

FKIP-UNIMUDA Sorong Gelar Pelatihan Mendeley dan Aplikasi Sister

Pelatihan Mendeley dan Aplikasi Sister di Unimuda Sorong

Sorong | Guna menfasilitasi dosen, pustakawan, dan mahasiswa dalam belajar manajemen referensi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong di awal tahun 2019 ini menginisiasikan Pelatihan Sister dan Mendeley bagi seluruh Dosen dan perwakilan mahasiswa dari lintas Fakultas pada UNIMUDA Sorong, yang dilaksanakan di Meeting Room pusat Unimuda Sorong (Sabtu, 5/1/2019).

Wakil Dekan FKIP Unimuda Sorong, Abdul Hadfid, M.Pd.,mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi baik para dosen maupun mahasiswanya.

pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini saya harapkan dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian dari dosen, para peneliti dan juga mahassiswa di Unimuda Sorong ini, selain itu, dengan adanya akun Mendeley, menjadi peluang dosen, peneliti, dan mahasiswa Unimuda Sorong dapat lebih eksis pada kancah akademis, khususnya di dunia maya yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi mereka dan juga bagi Lembaga”. Ungkap Wadek FKIP.

Sementara itu, Sahidi, M.Pd., selaku salah satu narasumber menjelaskan citation atau sitasi tidak dapat dilepaskan dari sebuah karya tulis ilmiah. Sitasi menjadi sangat penting dalam penulisan seperti karya tulis ilmiah. Seringkali penulis pemula, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan yang salah karena kurang berhati-hati dalam sebuah sitiran. Dirinya juga menambahkan bahwa Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah.

Setelah Pelatihan Mendeley tersebut di hari yang sama dilanjutkan dengan Pelatihan Penghitungan Beban Dosen melalui Aplikasi sister bagi para Dosen Unimuda sorong, sebagai alat pengukuran kinerja sebagai seorang dosen yang professional, narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Herningsih dan Matahari, M.Kom., Ketua Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi.

Dalam pemaparan materinya dirinya menyampaikan kepada seluruh dosen-dosen Unimuda saat ini masih berlaku bahwa dosen yang professional adalah dosen yang sudah bersertifikasi dosen dan semua itu harus melalui aplikasi sister. [ds].