24 Januari 2019

Rektor UNIMUDA Dorong Mahasiswa dan Alumi Raih Beasiswa Australia Awards

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., saat memberikan sambutan Sosialiasasi AAS

Sorong | Satu diantara program dukungan dari pemerintahan Australia di Indonesia adalah Australia Awards Scholarship (AAS), program ini merupakan sebuah program beasiswa internasional yang sangat bergengsi yang didanai langsung oleh Pemerintah Australia. Program ini juga menawarkan kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk melakukan studi, penelitian dan pengembangan keprofesian.

Seperti disampaikan oleh Rektor Unimuda Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., saat memberikan sambutan dalam “Sosialisasi Program Beasiswa Australia Awards” oleh Kemendagri RI dan Kedutaan Besar Australia di Kampus Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong (24/1/2019) bahwa secara kelembagaan dirinya sangat mendukung progam tersebut, sehingga dirinya mendorong agar mahasiswa, para alumni dan juga para dosen Unimuda Sorong untuk meraih program beasiswa tersebut.

salah satu cara untuk merubah serta meningkatkan profesi, karir dan juga taraf hidup yaitu dengan cara mengikuti program ini, maka itu silahkan bagi para alumni, dosen dan juga bagi para mahasiswa semester akhir untuk mencoba dan raih program beasiswa tersebut, dan Unimuda Sorong juga siap mendukung program ini.” Tegas Rektor Unimuda.

Sementara itu Kepala Bidang Kerjasama antar Negara, Pusat Fasilitasi-Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Ir. Muhammad Arif Hidayat, M.Eg., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah lebih kepada mempromosikan program Australia Awards di Indonesia, menurutnya bahwa keberadaan Australia Award Scholarship di Indonesia sudah lebih dari 60 tahun, namun belum semua masyarakat Indonesia memanfaatkan program ini secara maksimal khususnya di Kawasan timur Indonesia.

maksud dari kedatangan kami di daerah ini khususnya di Kampus UNIMUDA Sorong ini adalah lebih ingin mempromosikan daripada program AAS di Indonesia khususnya untuk program Long Term Awards yaitu program pascasarjana (S2) dan juga program doktoral (S3) di Australia, karena selama ini program tersebut manfaatnya belum begitu maksimal, sehingga kami mohon kerjasama dari pemerintah daerah dan juga kampus-kampus besar untuk menyebarkan informasi ini.” Ungkap Arif.

Dirinya juga menambahkan bahwa luaran program ini adalah mereka yang sudah menyelesaikan studinya di Australia yang banyak diantaranya kemudian mendapat posisi kepemimpinan dan membuat perubahan yang signifikan pada pembangunan Indonesia, dan nantinya salah satu dari para lulusan tersebut harus ada dari UNIMUDA Sorong.

Sosialisasai beasiswa Australia Awards di Kampus UNIMUDA Sorong dihadiri lebih dari 180 peserta terdiri dari Mahasiswa, Alumni dan juga para dosen Unimuda Sorong, sedangkan Tema yang diusung dalam sosialisasi tersebut adalah “Ciptakan perubahan melalui Beasiswa Australia Awards Scholarship”. Dalam kesempatan itu juga turut hadir,Kepala Bagian Kerjasama Teknik Bilateral, Kementerian Sekretariat Negara RI dan juga Targeting and Scoping Manager Australian Awards Indonesia. [ds].