06 Februari 2019

Jurnal Biolearning UNIMUDA Sorong Raih Bantuan Pengelolaan dari Kemenristekdikti

para Peserta Bintek Bantuan Pengelolaan Jurnal elektronik oleh kemenritekdikti di Jakarta

Jakarta | Salah satu program Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristekdikti dalam tahun 2019 adalah Pemberian Bantuan Pengelolaan Jurnal Elektronik. Maksud dari program tersebut antara lain adalah dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu jurnal elektronik, dan bantuan pengelolaan tersebut dibagi menjadi empat kategori yaitu, bantuan pengelolaan jurnal elektronik menuju Terakreditasi, peningkatan peringkat akreditasi, menuju Bereputasi Internasional serta Bantuan Afirmasi pengembangan Jurnal Ilmiah.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merupakan satu diantara sekian perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang meraih bantuan Program Pengelolaan Jurnal elektronik tersebut, yaitu pada Jurnal Biolearning yang dalam hal ini ditangani oleh program studi Pendidikan Biologi.

Seperti disampaikan oleh pengelola Jurnal Biolearning-UNIMUDA Sorong, Jaharudin, M.Pd., langsung dari Swiss-Bell Hotel Jakarta (5/2/2019) kemarin (red)., saat mengikuti Pertemuan Penjelasan Teknis Bantuan tersebut, dirinya menyampaikan melalui saluran telepon bahwa pengelolaan jurnal ilmiah standar tersebut memerlukan sistem manajemen dan pengelolaan yang efektif dan efisien, dan sistem manajemen dan pengelolaan jurnal ini harus mengacu kepada instrumen-instrumen dan kriteria-kriteria pengindeks internasional bereputasi.

“…dan program yang sedang kami laksanakan ini adalah kegiatan penjelasan teknis tentang bantuan pengelolaan jurnal elektronik, dan syukur alhamdulillah jurnal biolearning UNIMUDA Sorong masuk dalam program bantuan tersebut., inti dari kegiatan ini adalah dimana jurnal ilmiah harus terakreditasi sehingga bisa menaikan indeks para dosen, dan dari program ini juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas jurnal akreditasi nasional dan internasional bereputasi sehingga hal tersebut dapat mewujudkan perguruan tingginya menjadi Universitas Riset.” tutur Jahar.

Dirinya juga menambahkan bahwa pengembangan jurnal di UNIMUDA Sorong akan diperkuat dengan pengembangan dan pemanfaatan fitur dan website, sehingga hal tersebut dapat menarik pengunjung untuk melakukan sitasi artikel ataupun jurnal yang ada di Unimuda Sorong. [ds].

 

UNIMUDA Sorong, Lp3m-unimudasorong