16 Februari 2019

3 Jurnalis Nasional Gelar Meet & Greet di UNIMUDA Sorong

Penyerahan Buku Inspiratif karya Jurnalistik Papua Barat

Sorong | Bertempat di Meeting Room Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Tiga Jurnalis ternama menggelar Meet & Greet bersama sivitas akademika UNIMUDA Sorong (Jumat, 15/2/2019) kemarin (red). Tiga Jurnalis tersebut adalah, Agung Sedayu (Redaktur TEMPO), Harun Mahbud B. (Koordinator Liputan 6.com) dan Olha Irianti M. (Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia-Papua Barat).

Meet & Greet diawali dengan sambutan selamat datang oleh Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, dalam sambutannya, selain memberikan motivasi kepada para mahasiswa, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan dan para sponsor yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini, khususnya Biro Kemahasiswaan UNIMUDA Sorong yang sudah menggerakan Mahasiswanya.

saya yakin bahwa semua yang ada dalam ruangan ini adalah orang-orang yang dalam kesehariannya adalah orang – orang yang selalu berupaya untuk berperilaku “sistematis” di segala aspek, dengan bahasa lain bahwa anda (mahasiswa) adalah orang yang dari ujung ke ujung itu selalu berfikir Ilmiah, sehingga anda untuk menjadi seorang jurnalis itu sangat mudah”. Ujar Doni.

Dalam sambutanya dirinya juga menambahkan bahwa, secara keilmuan seorang jurnalis itu tidak ada ilmu khusus, apalagi dalam dunia ini tidak selamanya linear, jadi banyak seorang sarjana ekomoni menjadi Jurnalis, seorang matematikawan juga menjadi jurnalis, jadi semua bisa.

Salah satu pesan yang disampaikan oleh para jurnalis nasional tersebut adalah tantangan terbesar bagi para jurnalis saat ini adalah begitu banyak Jurnalis dari berbagai media, entah itu cetak maupun media online, seperti saat ini sedang marak adalah wartawan / jurnalis Medsos, yang notabene sangat menyulitkan masyarakat untuk membedakan antara jurnalis bereputasi dengan jurnalis “kaleng-kaleng”, dan hal tersebut juga menjadi salah satu tantangan untuk memerangi berita Hoax di negeri ini.

Meet and Greet dilaksanakan selama dua jam, yaitu dimulai pukul 14:00 sampai dengan 16:00 WIT. Sebagai implementasi dari Meet and Greet tersebut di UNIMUDA Sorong akan segera membentuk Pers Mahasiswa UNIMUDA karena untuk di tanah Papua sangat jarang bahkan belum ada, dan hal itu akan difasilitasi Portal oleh para jurnalis tersebut. [ds].