16 Februari 2019

Maksimalkan public service, UNIMUDA Sorong Ikuti Bimtek Sistem Persuratan On-line

para peserta Bimtek sistem Persuratan berbasis On-line

Jayapura| Secara umum persuratan menjadi hal yang tak terlepas dari aktivitas keseharian di semua instansi maupun lembaga, sama halnya di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, saat ini surat-menyurat juga masih menjadi media komunikasi tertulis antar UNIMUDA Sorong dengan instansi atau lembaga lain, sehingga surat masih menjadi rujukan utama bagi sivitas akademika UNIMUDA Sorong.

Salah satu upaya untuk memaksimalkan pelayanan dalam hal administrasi persuratan baik kepada seluruh sivitas maupun kepada pihak luar, UNIMUDA Sorong telah mengutus Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia, Jusmin, S.Sos., M.Ec.Dev., untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Persuratan berbasis on-line.

Bimbingan Teknis Persuratan berbasis on-line tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua - Papua Barat bertempat di Hotel Grand Abepura Kota Jayapura, Papua pada tanggal 13-14 Februari 2019 kemarin (red).

Disampaikan oleh Kepala Biro Umum dan SDM UNIMUDA Sorong langsung dari Jayapura, bahwa kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Pelaksana Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Agung Nugroho Marey, M.Pd., dan dalam sambutannya dirinya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena dengan adanya aplikasi persuratan on-line ini, maka akan sangat memudahkan pekerjaan LLDIKTI dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkait persuratan, terutama koordinasi antara Kemenristekdikti dan PTS.

Ditambahkan juga oleh Jusmin, bahwa dalam pelaksanaan Bimtek tersebut diajari bagaimana cara menggunakan aplikasi e-office dimulai dari halaman login, mengentri Surat (surat masuk, Surat, Surat Keluar, surat pending, laporan surat masuk atau keluar, tambah surat masuk atau keluar), Disposisi dan Administrasi Akses yaitu menambah user dan mengubah user.

dalam bimtek tersebut, kami juga diajari cara membuat surat yang benar dan mengarsipkan surat sesuai dengan tuntutan jaman, sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi terutama dalam hal mengurangi kesalahan dalam pembuatan surat dan membantu dalam pengarsipan surat”. Ujar Jusmin.

Bimtek Sistem Persuratan berbasis on-Line tersebut diikuti juga oleh beberapa PTS dibawah LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat dengan jumlah peserta kurang lebih 30 peserta, dan pemateri kegiatan tersebut langsung dari Kemenristekdikti. [ds]