01 Maret 2019

Dosen AIK UNIMUDA Sorong Ikuti Pelatihan Instruktur PTM Nasional

Peserta Pelatiahn Instruktur PTM 2019

Yogyakarta | Guna memenuhi kebutuhan utama dalam pesyarikatan Muhammadiyah dalam hal kaderisasi khususnya di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengutus Dosen Al-Islam dan Kemuhammadiyah (AIK) untuk mengikuti Pelatihan Instruktur Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PI-PTM) 2019 yang diselengarakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dilaksanakan pada hari Minggu hingga Rabu, 24-27/2/2019 kemarin (red.), di Pusbang Diktilitbang, Kaliurang, Yogyakarta.

Budi Santoso, M.Pd., adalah dosen Al-Islam Kemuhammadiyahan sebagai perwakilan peserta Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong saat dikonfirmasi langsung dari tempat kegiatan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan dan juga mengoptimalkan pengkaderan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat Ideologi kader Muhammadiyah sebagai penggerak dan inspirasi perkaderan di PTM masing-masing, meningkatkan kompetensi kader sebagai instruktur dalam mengelola dan melaksanakan perkaderan sesuai bentuk dan jenjangnya sesuai Sistem Perkaderan Muhammadiyah dan juga menyiapkan tim instruktur untuk mengelola dan melaksanakan perkaderan di PTM masing-masing.

Pelatihan Instruktur ini dibuka secara resmi oleh Muhammad Sayuti, Ph.D., selaku Sekretaris Majelis Diktilitbang dalam sambutannya mengatakan bahwa mendukung penuh kegiatan ini sebagai bagian dari upgrading para pimpinan PTM. Selain itu, kerja sama antara kedua majelis, yakni Majelis Diktilitbang dan Majelis Pendidikan Kader bisa terus berlanjut.

Alhamdulillah, pelatihan ini sudah terselenggara keempat kalinya, kita berharap output dari kegiatan tiga hari ini bisa meningkatkan sumber daya kader kita, saya juga berharap kerja sama antara kedua majelis ini terus berlanjut,” tuturnya.

Pelatihan Instruktur ini dihadiri oleh lima orang narasumber yang masing-masing mewakili majelis, di antaranya MPK PPM, Majelis Diktilitbang, LazisMu, dan PP Muhammadiyah, diikuti oleh 45 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dari Kawasan Timur Indonesia. PI-PTM 2019 ini mengangkat tema” Penguatan Kompetensi Kader dan Instruktur di PTM untuk Pembudayaan Perkaderan”. [ds]