03 Maret 2019

Prodi Peternakan UNIMUDA Timba Ilmu di Peternakan Sapi KUD Tani Makmur

mahasiswa FIST saat berfoto di Peternakan Sapi KUD Tani Makmur

Seget, Sorong| Dengan lahirnya Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong maka lahir juga beberapa program studi baru, salah satunya adalah program studi peternakan. Progran studi Peternakan adalah satu diantara program studi di bawah Fakultas Sains dan Teknologi (FIST), program studi lainya yang dibawah Fakultas Sains dan Teknologi adalah program studi Farmasi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Argribisnis dan Akuakultur.

Dalam pengembangannya, mahasiswa program studi peternakan dan juga program studi Agribisnis yang didampingi langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Herningsih, Minggu, 3/3/2019 melaksanakan kuliah lapangan di Unit Usaha Ternak sapi milik Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Makmur yang terletak di Kampung Klawor distrik Seget kabupaten Sorong. Tujuan dari kuliah lapangan ini menurut Dekan FIST adalah agar para mahasiswa bisa belajar bagaimana tentang sistem organisasi, sistem pengelolaan dan juga strategi ternak sapi ini.

Setelah menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan menuju unit usaha Peternakan sapi, Pimpinan, Dekan beserta Mahasiswa Fakultas Sain dan Teknologi disambut meriah oleh Pengelola Unit Usaha Ternak Sapi KUD Tani Makmur. Kegiatan awal adalah kunjungan ke lokasi lahan sekitar lebih dari 5 hektar lahan, yang didalamnya terdapat ratusan ekor sapi yang sedang memanjakan dirinya dengan rumput yang begitu hijau dan subur, sembari melihat-lihat sapi, para mahasiswa juga berdialog dengan para peternak, kemudian dilanjutkan dengan kuliah lapang yang disampaikan oleh langsung Ketua Pengelola Unit Usaha Ternak, Suprapto yang juga adalah Anggota DPRD Kabupaten Sorong.

Dalam pemaparannya kepada para mahasiswa Suprapto menjelaskan bahwa untuk di daerah sorong ini, peternakan adalah salah satu usaha yang sangat menjanjikan, karena kita mempunyai sumber daya alam yang begitu melimpah, tinggal bagaimana strategi kita dalam mencari ilmu-ilmu peternakan itu sendiri. Ditambahkan juga dirinya secara kelembagaan mengajak UNIMUDA Sorong untuk bekerjasama baik secara keilmuan teknis maupun strategis untuk pengembangan baik UNIMUDA maupun KUD Tani Makmur, karena diakui juga oleh Ketua Pengelola KUD Tani Makmur bahwa saat ini sistem peternakan sapi yang digunakan masih sacara tradisional. Disesi terakhir para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk tanya jawab dengan pengelola Unit Usaha Ternak Sapi.

Kuliah lapangan dibuka secara resmi oleh Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si.turut hadir juga dalam kuliah lapangan tersebut, Wakil Rektor, Ketua LP3M, Biro Humas dan Kerjasama, Dekan FKIP dan juga Dekan Hukum dan Humaniora. [ds].

Fakultas sains & teknollogi