02 April 2019

Peserta PPG Prajab UNIMUDA Sorong ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan

rektor UNIMUDA Sorong saat memberikan sambutan Pembukaan KMD Keprmukaan PPG Prajab

Sorong | Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong kembali melaksanakan salah satu tahapan dalam Pendidikan profesinya yaitu melaksanakan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Kepramukaan yang dipandu langsung oleh para instruktur Gerakan Pramuka Kwartir Daerah provinsi Papua Barat sebanyak 14 instruktur.

Ketua Pelaksana KMD Kepramukaan Peserta PPG Prajab yang sekaligus Kepala UPT. PPG UNIMUDA Sorong, Heny Sri Astutik, M.Pd., melaporkan bahwa kegiatan KMD pada tahun ini merupakan KMD kali pertama yang diikuti oleh seluruh peserta PPG Prajabatan baik Prajabatan bersubsidi maupun Prajabatan Daerah 3T.

ada sebanyak 146 peserta dalam kegiatan KMD ini, yaitu berasal dari peserta PPG Prajab Bersubdisi sebanyak 42 orang dan PPG Prajab Daerah 3T sebanyak 104, dan dilakasanakan selama 1 pekan atau 70 jam pelajaran, kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta Pendidikan Profesi Guru  sehingga bukan hanya sertifikat / ijazah KDM semata yang diharapkan namun nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan ini.”harap Heny.

Kursus Mahir Dasar Kepramukaan bagi Peserta PPG Prajabatan tahun 2019 ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si.,  (senin, 1/4/19) dalam sambutannya, rektor UNIMUDA Sorong minta agar kegiatan KMD ini harus diikuti dengan pengetahuan, dengan hati dan juga dengan cara kompetitif.

“….kegiatan semacam ini merupakan satu diantara beberapa kegiatan dalam rangka untuk mendisiplinkan diri kita untuk menjadi pribadi yang rajin, ulet dan juga pantang menyerah, sehingga apabila selepas kegiatan ini peserta PPG masih menjadi pribadi pengeluh tingkat tinggi berarti ada yang salah dalam kegiatan ini, entah itu sistemnya atau manusianya itu sendiri”. terang pak Rustam. (sapaan Rektor UNIMUDA Sorong).

Sementara itu, Frits Ayomi yang mewakili ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Papua Barat sebelum menyerahkan bendera Pramuka kepada para instruktur KMD sebagai tanda penyerahan peserta untuk dilatih, dirinya berpesan kepada peserta bahwa jika nanti para peserta telah usai menngikuti Pendidikan PPG ini dan menjadi seorang guru yang ditempatkan di daerah-daerah manapun berada maka jadikan gerakan pramuka sebagai salah satu karakternya.

KMD bagi Peserta PPG Prajab UNIMUDA Sorong pada tahun ini berlangsung di kampus UNIMUDA Sorong mulai tanggal 1 hingga 6 April 2019 dan 3 hari diantaranya akan dilaksanakan kemah di lapangan Khalid bin Walid Kampus UNIMUDA Sorong., dalam kesempatan itu juga turut hadir dalam pembukaan KMD Kepramukaan Wakil Rektor  dan juga para Dosen UNIMUDA Sorong. [ds]