09 April 2019

UNIMUDA Sorong Dirikan SD Unggulan

Rektor bersama Ketua BPH UNIMUDA Sorong

Sorong | Kontribusi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dalam membangun sumber daya manusia di Tanah Papua, khususnya di provinsi Papua Barat rasanya tak perlu diragukan lagi. Hal ini linier dengan kepercayaan masyarakat terhadap UNIMUDA Sorong yang semakin hari semakin tinggi, terbukti dengan terus bertambahnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya.

Selain telah membuka fakultas ilmu eksakta sebagai bagian dari ekspansi perubahan institusi, UNIMUDA Sorong juga tetap konsisten dalam bidang ilmu pendidikan sebagai sektor yang menjadi cikal bakal lahirnya UNIMUDA Sorong. Sebagai bentuk perwujudannya, pada tahun 2019 ini UNIMUDA Sorong secara resmi telah mendirikan Sekolah Dasar dengan nomenklatur SD UNIMUDA Sorong. SD ini nantinya akan dipropyeksikan sebagai Sekolah Unggulan bagi masyarakat Sorong Raya, Provinsi Papua Barat dan Tanah Papua ada umumnya.

Disampaikan oleh Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., bahwa dengan dibukanya SD UNIMUDA Sorong ini akan menambah kebermanfaatan UNIMUDA Sorong bagi masyarakat luas, sebab semangat untuk terus menebar manfaat bagi Tanah Papua harus terus menjadi Core of the Bussines dari UNIMUDA Sorong.

UNIMUDA yang dulunya STKIP Muhammadiyah Sorong itu sejak tahun 2008 telah mencetak ribuan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga UNIMUDA Sorong juga membuka peluang bagi para alumni terbaik agar bisa bergabung di UNIMUDA untuk mengembangkan SD unggulan tersebut”. ungkap Rektor

Selain itu juga alasan didirikannya SD Unggulan di UNIMUDA Sorong adalah sebagai bentuk kontribusi pembangunan daerah dan juga pengabdian UNIMUDA Sorong kepada masyarakat serta untuk mendukung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam pengembangan Pendidikan.

“…jadi SD unggulan ini selain sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat tentunya ini juga menjadi sebuah harapan bahwa lulusan-lulusan dari UNIMUDA Sorong khususnya mahasiswa FKIP  benar-benar mempunyai ilmu Pendidikan yang membumi, bukan sebatas teori semata dan yang lebih penting lagi adalah UNIMUDA Sorong berkontribusi dalam pembangunan daerah”. imbuh Rustamadji.

Lebih lanjut mengenai siapa calon siswa SD UNIMUDA, Rektor UNIMUDA Sorong dengan tegas menyampaikan bahwa pendaftaran bagi calon siswa SD UNIMUDA Sorong nantinya akan dapat diakses secara luas oleh masyarakat umum, namun tentu dengan mekanisme seleksi tersendiri sebagai ciri khas dari sebuah sekolah unggulan, karena di samping berada di lingkungan kampus UNIMUDA tentunya  SD UNIMUDA Sorong ini menjadi semacam parameter lain dalam menerjemahkan, makna dari transfer of value. SD UNIMUDA resmi dibuka dan akan menerima siswa barunya pada tahun pelajaran 2019/2020 ini. [ds].