11 April 2019

Pacu Bidang Riset, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNIMUDA Gelar Kuliah Umum

Wakil Rektor UNIMUDA Sorong saat membuka Kuliah Umum prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Sorong | Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong terus tingkatkan pengetahuan bagi mahasiswanya melalui Kuliah Umum tentang Peningkatan Kualitas Penelitian Bersama narasumber Ibu Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si., M.Pd., dosen Universitas Muhammadiyah Malang.

Kuliah Umum dengan tema “Peningkatan Kualitas Penelitian Mahasiswa dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0” ini bertempat di Meeting Room Kampus UNIMUDA Sorong dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd. (Kamis,11/4/19). Sebelum membuka kuliah umum, wakil rektor memberikan sambutan singkatnya, dikatakan bahwa muara dari kegiatan semacam ini tidak lain adalah dalam rangka untuk sebuah karya yang dapat meningkatkan prestasi baik invidu mahasiswa maupun prestasi secara Institusi.

“sebuah penelitian adalah suatu tantangan harus dihadapi setiap mahasiswa apapun  itu jenjangnya, karena melalui penelitian kita menjadi pribadi yang kaya akan data dan informasi, untuk itu pacu terus pengetahuan tentang penelitian dan buatlah semua karyanya”.Ucap Doni.

Wakil Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber karena sudah bisa meluangkan waktunya untuk bisa berbagi ilmu bersama mahasiswa UNIMUDA Sorong terkhusus mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Wakil Rektor juga meminta kepada ketua program studi agar selepas kegiatan seperti ini harus ada karya yang bisa dihasilkan, karena dengan berkarya secara tidak langsung kita telah bersyukur atas ilmu yang telah didapat.

Dalam kesempatan ini juga, Dekan FKIP UNIMUDA Sorong, Nursalim, M.Pd., turut menghadiri sekaligus memberikan sambutan sebelum kuliah umum dimulai. Disampaikan bahwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan motonya yang “SMART” (santun, milenial, amanah, religi dan tangguh) itu mengajak kepada seluruh ketua program studi, dan mahasiswa FKIP untuk terus memacu diri agar bisa meningkatkan keunggulan UNIMUDA Sorong khususnya FKIP, yang notabene dalam waktu dekat ini juga akan direakreditasi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT).

Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si., M.Pd., adalah dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang yang saat ini sedang menjadi dosen pakar di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong selama 1 pekan. Dalam kuliah umum tersebut menurutnya bahwa tidak semua fakta adalah data, akan tetapi justru semua data itu adalah fakta, sehingga data adalah sebuah hal yang sangat berharga di dalam penelitian, karena penelitian itu sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis, prosedural dalam bidang tertentu.

Kuliah Umum selama tiga jam itu diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dari semua angkatan, turut hadir juga Ketua Program studi Teguh Yuliandri Putra, M.Pd., sekerataris program studi, Nouval Rumauf, M.Pd., dan juga Wakil Dekan FKIP Abdul Hafid, M.Pd., serta beberapa dosen dari program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. [ds].