24 April 2019

Dosen UNIMUDA jadi Instruktur Nasional Calon Kepala Sekolah

Doni Sudibyo dan Abdul Hafid sebagai Narasumber Nasional Diklat Calon Kepsek

Jakarta | Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah menegaskan bahwa bakal calon kepala sekolah yang akan diangkat menjadi kepala sekolah harus mengikuti Pendidikan dan pelatihan Calon Kepala Sekolah (Diklat Calon Kepala Sekolah) untuk mendapatkan sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan atau lebih dikenal dengan STTPP Kepala Sekolah, dan juga bagi kepala sekolah yang telah diangkat sebelum adanya peraturan tersebut maka wajib mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merupakan satu-satunya perguruan tinggi di kawasan timur Indonesia yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai penyelenggara Diklat Calon Kepala Sekolah. Penandatanganan MoU untuk pelaksanaan program tersebut telah dilaksanakan pada bulan Desember 2018 yang lalu (red)., bersama Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bertempat di Surakarta, Jawa Tengah.

Dalam upaya mendukung program tersebut Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Narasumber Nasional Diklat Calon Kepala Sekolah dan Diklat Penguatan Kepala Sekolah selama 1 pekan mulai tanggal 22 – 29 April 2018 bertempat di Hotel Millenium Jakarta Pusat diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari Widyaswasra dari LPPKS, PPPPTK, LPPPTK KPT, LPTK dan BPSDMD dari seluruh Indonesia, dan dibuka secara resmi oleh Kasubdit Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK), Dr. Praptono, M.Ed.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengutus dua orang dosen, Doni Sudibyo, M.Pd. dan Abdul Hafid, M.Pd. sebagai peserta dalam Diklat tersebut. Hal serupa juga sudah dilaksanakan pada awal Maret 2018 dan UNIMUDA Sorong juga mengutus dua orang dosen, Mukhlas Triono, M.Pd. dan Heny Sri Astutik, M.Pd. sebagai perwakilaanya dan dilaksanakan di Surkarta. Sehinga saat ini UNIMUDA Sorong telah mempunyai empat orang dosen sebagai Narasumber Nasional dan dua orang Tim SIMDIKLAT Calon Kepala Sekolah dan Penguatan Kepala Sekolah. Diklat bagi Calon Kepala Sekolah dan Penguatan Kepala Sekolah ini akan dimulai pada awal bulan Juni 2019. [ds].