11 Mei 2019

42 Peserta PPG Prajab UNIMUDA Sorong ikuti UP-UKMPPG

Peserta UP UKMPPG Prajabatan UNIMUDA Sorong

Sorong | Sebanyak 42 orang peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan bersubsidi di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, hari ini (sabtu, 11/5/19) mengikuti Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa pendidikan profesi guru (UP UKMPPG) periode Mei 2019 mulai 11 – 12 Mei 2019.

Peserta ujian merupakan mahasiswa PPG dari program PPG Prajabatan Bersubsidi, yang telah mengikuti serangkaian proses dan kegiatan selama dua semester di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Seperti disampaikan oleh Direktur Unit Pelaksana Tugas PPG UNIMUDA Sorong, Heny Sri Astutik, M.Pd., bahwa Ujian Pengetahuan pada periode Mei 2019 UNIMUDA Sorong mengikutkan 42 peserta, jumlah tersebut memerupakan total dari peserta yang mengikuti proses PPG Prajabatan pada angkatan 2018 sejak awal.

“setelah mengikuti rangkaian program PPG Prajabatan di UNIMUDA Sorong, alhamdulillah saat ini para peserta PPG Prajabatan angkatan 2018 seluruhnya sebanyak 42 peserta bisa mengikuti Ujian akhir di program ini, yaitu Ujian Pengetahuan (UP) yang sebelum mereka telah mengikuti Ujian Kinerja (UKIN), dan jumlah tersebut adalah merupakan jumlah total pada angaktan tersebut.” Jelas Heny.

Pelaksanaan UP-UKMPPG bertempat di Laboratorium Komputer UPT-PUSTADIN UNIMUDA Sorong. UP UKMPPG dilaksanakan selama satu hari dan dilaksanakan dalam satu sesi dua ruang lab. Setiap laboratorium berisi 20 peserta dan diberikan waktu 180 menit untuk menjawab soal-soal sesuai dengan bidang studi peserta. Kategori soal yang diuji adalah uji kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Setelah pelaksanaan sesi  selesai, peserta, pengawas, penanggung jawab ruang (PJR) dan panitia diwajibkan mengisi instrument monev secara online. Kemudian beberapa perwakilan dari peserta diminta untuk menjadi narasumber dalam sesi wawancara dengan penyelia terkait pelaksanaan UP UKMPPG.

Firman, M.Pd., ketua Tim IT program PPG UNIMUDA Sorong mengatakan, pelaksanaan UP UKMPPG di UNIMUDA Sorong yang diselenggarakan serentak secara nasional ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Untuk itulah, ia menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan UP UKMPPG periode ini.

“alhamdulillah semua persiapan dan SOP Ujian telah kami penuhi, sehingga selama ujian berlangsung tidak ada kendala yang berarti”. Terang Firman.

Turut hadir untuk memantau serta memastikan ketertiban dan kelancaran pelaksanaan ujian ini, Wakil Rektor, Doni Sudibyo, M.Pd., dan juga Tim Penyelia dari PANAS – Direktorat Penjaminan Mutu-Belmawa-Kemenristekdikti, Dr. Fiskia Rera Baharuddin, M.T., didampingi Sekretaris UPT. PPG UNIMUDA Sorong, Syams Kusumaningrum, M.Pd.I. [ds].