14 Mei 2019

UNIMUDA Sorong Lepas 42 Peserta PPG Prajab Terbaik

Wakil Rektor UNIMUDA Sorong saat melepas Peserta PPG Prajab Bersubsidi tahun 2018

Sorong | Amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat pendidik, hal tersebut juga didukung oleh Undang- undang Nomor 12 Tahun dan juga  Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017. Berdasarkan regulasi tersebutlah Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengembangkan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik itu untuk Prajabatan maupun dalam Jabatan yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi penyelenggara LPTK di Indonesia.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong pada pertengahan tahun 2018 lalu, ditunjuk secara resmi oleh Kemenristekdikti untuk melaksanakan proses Pendidikan bagi peserta PPG Prajabatan sebanyak 42 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dan mereka mendapatkan subsidi biaya Pendidikan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan – Kemenristekdikti selama 1 tahun.

Tahapan demi tahapan proses penyelenggaraan PPG telah dilakukan oleh UNIMUDA Sorong mulai dari rekrutmen, orientasi akademik, workshop, PPL, Ujian kompetensi baik UTL, UKIN maupun Ujian Pengetahuan (UP) on-line yang dipandu langsung oleh Panitia Nasional sebagai bentuk kualiti kontrol yang dilaksanakan serentak secara nasional pada 11-12 Mei 2019.

Sebanyak 42 peserta PPG Prajabatan bersubsidi telah menyelesaikan tahapan-tahapan proses Pendidikan profesi guru dan dengan selesainya tahapan tersebut maka tugas Unit Pelaksana Tugas Pendidikan Profesi Guru (UPT-PPT) UNIMUDA Sorong telah usai menunaikan kewajibannya dan tepat pada hari Senin (13/5/19) kemarin (red). UNIMUDA Sorong resmi melepas sebanyak 42 Peserta PPG Prajabatan Terbaiknya yaitu dari bidang studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris.

42 peserta PPG Prajabatan Bersubsidi secara resmi dilepas oleh Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd.yang dirangkai dalam acara Pelepasan Peserta PPG Prajabatan bersubsidi bertempat di meeting room Kampus UNIMUDA Sorong, dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNIMUDA Sorong merasa bangka karena telah dipercaya oleh pemerintah dalam hal ini adalah Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan – Kemenristekdikti untuk mendidik sekaligus mengantarkan peserta-peserta yang hebat dan juga cerdas ke gerbang kesuksesan.

“…anda adalah orang yang hebat yang dipilih oleh negara untuk menjadi manusia-manusia unggul dalam bidang Pendidikan khusus sebagai seorang guru, sehingga UNIMUDA Sorong juga merasa sangat bangga bisa ikut andil dalam proses Pendidikan profesi guru ini, kami yakin anda telah mampu dan siap untuk menjadi seorang guru yang professional”. ungkap Doni.

Dalam kesempatan itu juga, Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si.menyampaikan beberapa catatan pesan bagi para peserta PPG Prajab yang dibacakan langsung oleh Wakil Rektor, salah satu pesan tersebut adalah “bila di daerah Anda ada seorang guru yang hebat, maka pastikan sejak sekarang bahwa orang itu hebat itu adalah Anda, dan apabila anda bertemu siswa disana, yakin dan percaya bahwa siswa adalah makhluk terbaik ciptaan Allah, maka lihatlah potensi-potensi positif dari mereka yang akan menjadi personal Branding bagi dirinya”.

Turut hadir dan memberikan sambutan juga, Ketua Badan Pembina Harian UNIMUDA Sorong atau  dalam hal ini sebagai yang mewakili Peryarikatan Muhammadiyah Pusat, Drs. Nursono Sidiq, dalam pelepasan Peserta PPG tersebut. Dalam sambutannya, Ketua BPH UNIMUDA Sorong menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak dari rektor, pengelola, instruktur, hingga peserta karena sudah turut berbagi dalam kebaikan, dirinya juga meminta kepada seluruh peserta agar kelak bisa menjadi orang-orang yang pandai bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. 

Acara pelepasan Peserta PPG Prajabatan bersubsidi angkatan 2018 tersebut dihadiri juga oleh Direktur Upt. PPG UNIMUDA Sorong, Heni Sri Astutik, M.Pd. sekaligus menyampaikan laporan program PPG, para instruktur, Dekan FKIP dan juga beberapa Dosen UNIMUDA Sorong, acara  Pelepasan tersebut diakhiri dengan acara berbuka puasa bersama dengan seluruh hadirin dan juga beberapa awak media yang hadir saati itu. [ds].