18 Mei 2019

World Bank support Penyelenggaraan PPG “Ideal” di UNIMUDA Sorong

Tim Pengembang PPG Berstandar

Malang | Pendidikan Profesi Guru atau yang disingkat dengan PPG sejak beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu program utama yang diselenggarakan oleh Diroktorat Pembelajaran pada Direktorat Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan para pendidik khususnya para guru yang professional sesuai tuntutan undang-undang guru dan dosen.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Direktorat Belmawa Kemenristekdikti guna meningkatkan kualitas dari hasil atau lulusan PPG tersebut, salah satuya dengan cara menggandeng badan Persyarikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu Bank Dunia (World Bank) untuk membantu pemerintah  Indonesia dalam mendesain pola penyelenggaraan PPG yang berstandar atau ideal.

Sebanyak 12 Perguruan Tinggi LPTK Penyelenggara PPG telah ditunjuk oleh Direktorat Belmawa-Kemenristekdikti sebagai perguruan tinggi pioneer untuk menyelenggarakan PPG berstandar yang didukung oleh World Bank, yaitu Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Nusantara Bandung, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Universitas Negeri Medan, dan 3 Perguruan Tinggi dibawah Kementerian Agama yaitu Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Langkah awal yang dilakukan oleh Tim Pengembang PPG Berstandar dari 12 LPTK tersebut adalah dengan melakuan Immersion program for Delivery of Effective Teacher Profesional Education di National Institute of Education (NIE) Singapore pada akhir tahun 2018 lalu yang diketua oleh Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd. dan sebagai follow up dari kegiatan tersebut Tim juga telah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bertempat di Atria Hotel Malang, 16-17 Mei 2019 kemarin, acara dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Harus, M.Ag. dalam hal ini adalah sebagai tuan rumah, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Susiana Iskandar sebagai Senior Education Specialist for World Bank in Indonesia.

Disampaikan oleh Tim Pengembang PPG Berstandar dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd., yang juga adalah wakil rektor UNIMUDA Sorong melalui sambungan telepon salular langsung dari Kota Malang – Jawa Timur, menyampaikan bahwa salah satu hasil dari FGD tersebut adalah tersusunya pola pelaksanaan PPG yang ideal untuk tiga zona yaitu, zona Barat (UNIMED, UPI, UNINUS dan UIN Jakarta), zona Tengah (UNY, USD, UNNES , dan UIN SUKA) dan zona Timur (UNESA, UNM, UNIMUDA dan UIN Malang) hal tersebut mengingat letak geografis yang ada di Negera kita, dan pola tersebut akan diterapkan pada pertengahan tahun 2019 ini dan khusus pada program PPG Prajabatan. [ds].