30 Mei 2019

Sabet Juara 1, Mahasiswa UNIMUDA Sorong jadi Duta GenRe Papua Barat

Duta GenRe BKKN Papua Barat 2019 dari UNIMUDA Sorong

Sorong | Satu diantara Program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup adalah mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe), Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merupakan lembaga pencetak para generasi milenial, generasi yang produktif dan juga generasi yang siap mewarnai dan menjadi pemimpin bangsa yang berkemajuan, sehingga mereka sangat patut dan layak untuk mengikuti program pemilihan Duta Generasi Berencana yang diselenggarakan oleh BKKN Papua Barat.

sebanyak 20 mahasiswa UNIMUDA Sorong yang telah mengikuti seleksi sebagai calon duta generasi berencana 2019, hingga tahap akhir seleksi ada 8 mahasiswa UNIMUDA Sorong dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang terpilih menjadi duta generasi berencana untuk provinsi Papua Barat, pemilihan tersebut dilakukan melalui beberapa tahap yang dilakukan oleh tim BKKBN dari provinsi papua barat.

Malam grand final duta generasi berencana BKKN Papua Barat dilaksanakan pada hari Rabu (29/5/19) bertempat di Hotel Mariat kota Sorong, dan dua mahasiswa UNIMUDA Sorong meraih juara 1. Kedua mahasiswa tersebut adalah Hofia Rita Koibor dari program studi PGSD dan Esterlissa Felle dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP.

keberhasilan ini tentunya merupakan buah dari proses belajar yang telah kami peroleh dari para dosen di kampus kami tercinta UNIMUDA, apalagi dengan adanya matakuliah (life skill education) program kecakapan hidup sehat ini sangat bermanfaat bagi kami terutama dalam membentuk karakter dan kepribadian kami” ungkap Rita.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada semua sivitas akademika UNIMUDA Sorong dan juga Pemerintah Kabupaten Sorong dalam hal ini Dinas DP2KBP3A Kabupaten Sorong yang telah memfasilitasi program ini.

Peserta lain yang masuk hingga tahap grand final pemilihan duta GenRe Papua Barat adalah Mustakim, Debora Debby Mamari dan Yusuf Bachtiar (Program studi Pendidikan Jasmani), Venni Devita Mayor (Pend. Bahasa Inggris), Elias Lasarus Kararbo (Pend. Bahasa Inggris) dan Saira Macap (Pend. IPA).

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan. [ds]