06 Juni 2019

UNIMUDA Sorong Rayakan Idul Fitri Bersama Masyarakat Kabupaten Sorong

Ust. Amiruddin Syam ketika menyampaikan Khotbah Sholat Idul Fitri 1440 H

Sorong | Taqobalallohu minn wa minkumshiyamana wa shiyamakum, kullu 'aamin wa antum bikhair. Keluarga besar sevitas Akademika Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H bersama dengan Masyarakat kabupaten Sorong, Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di awali dengan melaksanakan Sholat Id di Lapangan Air Mancur UNIMUDA Sorong, ratusan jamaah yang hadir pada sholat idul fitri tahun 1440 H ini berasal dari warga lingkungan kampus dan juga warga masyarakat kabupaten sorong, hingga kota sorong. Sudah menginjak tahun ketiga penyelengaraan sholat Idul fitri di UNIMUDA Sorong melakukan hal yang beda dari pada pelaksanaan sholat idul fitri di tempat lain, di Kampus UNIMUDA Sorong panitia peyelenggara sholat idul fitri yaitu Pimpinan Ranting Muhammadiyah UNIMUDA Sorong selalu menyediakan minuman dan makanan ringan bagi anak-anak yang mengikuti orang tuanya untuk sholat idul fitri. 

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., sebelum pelaksanaan sholat idul fitri 1440 H, menyampaikan beberapa hal, antara lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada para jamaah yang sudah melaksanakan sholat idul fitri di Kampus UNIMUDA Sorong, dan beliau juga kembali mengingatkan kepada para jemaah tentang tatacara pelaksanaan sholat Idul Fitri. 

Tepat pukul 06:30 WIT, sholat Idul Fitri 1440 H di Kampus UNIMUDA Sorong dimulai, sholat idul fitri 1440 H dilakasanakan secara khusu dan penuh hidmat, terlihat aparat kepolisian dari POLRES Sorong juga ikut menjaga ketenangan sholat idul fitri dan mereka juga menjadi jamaah sholat idul fitri 1440 H.

Yang bertindak sebagai Imam sholat Idul fitri adalah Imam Masjid Salman Al-farisi Kampus UNIMUDA Sorong yaitu sdr. Abdul Qadir, sedangkan yang bertindak sebagai Khotib adalah Ust. Amiruddin Syam, S.H., M.M., beliau adalah Dosen Fakultas Hukum di UNIMUDA Sorong. Dalam khotbahnya Ust. Amir menyampaikan kepada kepada para jamaah sholat Id, bahwa saat ini sudah seharusnya Umat Islam itu harus “Kuat”. Karena jika umat islam sudah kuat maka kita akan sangat mudah dalam meningkatkan kualitas keimanan kita sebagai seorang muslim dan dirinya juga berpesan hendaknya kita harus tetap terjaga dan terpelihara dari hal-hal yang membawa ke masuk ke neraka jahaman.

kualitas pribadi hendaknya didahulukan, kemudian setelah itu berangkat dengan mengkualitaskan keluarga, setelah itu mengkualitaskan masyarakat jamaah kita, karena jika kualitas pribadi dari keluarga yang lemah maka akan melahirkan generasi yang lemah juga. Maka dariitu kita sebagai umat islam benar-benar harus kuat dan berkualitas, yaitu kuat aqidah, kuat dalam beridah dan juga kuat dalam perekonomian.”

Khotbah Sholat Idul Fitri diahiri dengan membacakan doa, dan setelah rangkaian sholat id dilaksanakan para jamaah saling berjabat tangan antara satu dan lainnya sembari mengucapkan kalimat taqobalallohu minna wa minkum, semoga Alloh swt menerima semua amal ibadah kita. amin. (ds).