14 Juni 2019

UNIMUDA Sorong Mendapat Rekomendasi Prodi PAI dari Kopertais VIII

Penyerahan Rekomendasi Prodi PAI oleh Wakor Kopertais kepada Rektor UNIMUDA Sorong

Sorong | Belum genap satu tahun usia Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong namun prestasi demi prestasi terus diraihnya. Saat ini UNIMUDA Sorong juga menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang mempunyai program studi terbanyak di provinsi Papua Barat yaitu sebanyak 19 program studi yang dari 3 Fakultas.

Berdasarkan hasil studi kelayakan dan kebutuhan masyarakat , maka pada pertengahan tahun 2019 ini UNIMUDA Sorong tengah mengajukan pembukaan program studi baru kepada Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Pendidikan Agama Islam, dan pada hari Kamis (13/6/19) kemarin telah mendapatkan Rekomendasi dari Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) wilayah VIII untuk Kawasan Timur Indonesia.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., mengatakan hadirnya program studi Pendidikan Agama Islam di bawah Kementerian Agama merupakan sejarah baru bagi UNIMUDA mengingat selama ini UNIMUDA lebih banyak menyelenggarakan pendidikan umum, dan dengan hadirnya progdi Pendidikan Agama Islam ini juga sangat berkaitan dengan keberadaan Ma’had dan studi Islam Bilal Bin Rabbah UNIMUDA Sorong yang selama ini telah ada dan mendukung dan menjadi ruh pendidikan di UNIMUDA Sorong.

UNIMUDA Sorong sejauh ini baru menyelenggarakan pendidikan umum, sehingga banyak masyarakat yang tanya kenapa kampusnya Muhammadiyah tidak ada program studi agamanya, karena kita yakin bahwa prodi tersebut akan menjadi ruh bagi di UNIMUDA Sorong dan juga akan menjadi satu-satunya PTM yang menyelenggarakan PAI di tanah Papua ” jelas Rustamadji.

Wakil Koordinator Bidang Kelembagaan Kopertais VIII, Prof. Dr. H. Abdul Rahim Yunus, M.A., saat melakukan visitasi pembukaan Program studi Pendidikan Agama Islam di Kampus UNIMUDA Sorong bersama Tim menyampaikan bahwa perguruan Tinggi Muhammadiyah secara umum di Indonesia sudah sangat dipercaya untuk menyelenggarakan Perogram studi Pendidikan Agama Islam, sehingga UNIMUDA Sorong juga dengan segala persyaratannya terutama standar-standar mutu telah memenuhi sehingga sudah sangat layak untuk membuka program studi tersebut.

”….dan pada prinsipnya sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak hanya kecerdasan secara akademis ataupun sains tapi juga cerdas dari sisi spiritual sehingga generasi kita kedepan tidak hanya pintar ilmu tapi juga spiritual harus ikut tertanam” tutur  Abd. Rahim.

Visitasi Pembukaan Program studi Pendidikan Agama Islam oleh Tim dari Kopertais VIII Sulawesi, Maluku dan Papua, Papua Barat dilaksanakan selama sehari dan diakhir visitasi Wakor Kopertais VIII menyerahkan dokumen rekomendasi Pembukaan Prodi PAI dan selanjutnya untuk dibawa ke Kementerian Agama di Jakarta untuk diterbitkan SK Ijin Penyelenggaraan dan ditargetkan pada tahun akademik 2019/2020 ini sudah menerima mahasiswa baru. [ds].

Biro humas dan kerjasama, FKIP UNIMUDA