29 Juni 2019

Lembaga Penjaminan Mutu UNIMUDA Sorong Adakan Sosialisasi IAPS 4.0

Wakil Rektor Bersama Kepala LPM UNIMUDA Sorong saat sosialisasi IAPS 4.0

Sorong | Lembaga Penjamiman Mutu (LPM) UNIMUDA Sorong merupakan salah satu Lembaga di Tingkat Universitas yang mempunyai fungsi sebagai Lembaga yang menjamin kualitas penyelenggaraan Catur dharma perguruan tinggi yang ada di UNIMUDA Sorong yaitu melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang selalu mengacu pada Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kebijakan Penyusunan Instrumen Akreditasi yang tertuang dalam Peraturan BAN-PT Nomor 4 tahun 2017, menyatakan bahwa sistem akreditasi nasional baik perguruan tinggi maupun program studi berubah dari akreditasi berbasis input – output menjadi akreditasi berbasis outcome.

Seperti disampaikan Kepala LPM UNIMUDA Sorong, Syamsulrizal, M.Pd., saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 yang juga didampingi oleh sekretaris LPM Mursalim, M.Pd., menyampaikan bahwa Kebijakan Penyusunan Instrumen Akreditasi yang tertuang dalam Peraturan BAN-PT Nomor 4 tahun 2017 itu sangatlah berbeda sehingga hal ini sangatlah perlu diadakan sosiasisi untuk menyamakan persepsi pada tingkat fakultas dan program studi.

Instrumen IAPS 4.0 ini sangatlah berbeda dengan instrumen sebelumnya karena lebih menekankan pada output dan outcome yang ditujukan untuk memotret kualitas Perguruan Tinggi, bukan hanya kuantitasnya saja, sehingga sangatlah penting untuk menyamakan persepsi pada tingkat fakultas maupun program studi untuk pengisiannya”. jelas Rizal.

Lebih lanjut mengenai standar apa saja yang terdapat pada IAPS 4.0 ini, Samsulrizal menambahkan bahwa IAPS 4.0 ini menggunakan kriteria seperti Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumberdaya Manusia, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Luaran dan Capaian Tridharma.

 

Sosialisasi IAPS 4.0 yang diselenggarakan oleh LPM UNIMUDA Sorong dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor, Doni Sudibyo, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa LPM merupakan Lembaga langsung di bawah Pimpinan dalam hal ini Rektor dan Wakil Rektor untuk mengimplementasikan kebijakan Pimpinan terkait dengan mutu dan kualitas dari sebuah universitas.

“LPM ini merupakan satu diantara Lembaga yang berada langsung dibawah Pimpinan (rektor & wakil rektor) yang secara khusus mempunyai tanggung jawab untuk menjamin kualitas dari penyelenggaraan catur dharma UNIMUDA Sorong, sehingga harus selalu up to date terkait dengan kebijakan-kebijakan dari BAN-PT” tutur Doni.

Sosialisasi IAPS 4.0 dilaksanakan pada hari Sabtu (29/6/19) bertempat di Meeting Room UNIMUDA Sorong dan berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Dekan dan wakil Dekan, Ketua dan sekretaris Program studi serta Lembaga yang ada di lingkungan UNIMUDA Sorong. [ds].

LPM UNIMUDA Sorong