05 Juli 2019

10 Dosen UNIMUDA Sorong Ikuti Training Asesor BAN-PAUD Papua Barat

Peserta Calon Asesor BAN-PAUD Papua Barat dari UNIMUDA Sorong

Jayapura | Setelah lolos pada tahap seleksi calon Asesor Pendidikan Anak Usia Dini Provinsi Papua Barat, kini sebanyak sepuluh dosen dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengikuti Training sebagai Asesor PAUD Papua Barat yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN-PAUD) di Fave Hotel Kota Jayapura dimulai tanggal 4 hingga 7 Juli 2019.

Disampaikan oleh salah satu Peserta Calon Asesor BAN-PAUD, Ahmad Yulianto, M.Pd., yang juga adalah Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar - FKIP UNIMUDA Sorong langsung dari Kota Jayapura melalui sambungan seluler kepada UNIMUDA_news menyampaikan bahwa Pelatihan Calon Asesor PAUD dibuka secara resmi oleh Dr. Eneng Darul Afia, M.Si., sebagai perwakilan dari BAN-PAUD Pusat, dalam sambutannya menyampaikan hal-hal terkait dengan makanisme dan juga kebijakan dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN-PAUD).

setidaknya ada 4 hal yg perlu diperhatikan oleh Peserta Calon Asesor (PCA) diantaranya yaitu:  Asesor harus memahami mekanisme dan kebijakan asesor secara baik dan benar, PCA Harus Memahami kode etik dan  dalam pelaksanaannya selalu berpijak pada kode etik, PCA harus memahami instrumen penilaian secara utuh, serta PCA harus memiliki skil dalam menggunakan aplikasi SISPENA 2.0”. jelas Afifah.

Afifah juga menambahkan bahwa tugas asesor bukan hanya memotret sekolah secara teori atau sebatas di atas kertas, namun asesor paud juga harus memotret secara langsung tentang lingkungan sekolah secara nyata (on the spot).

Sepuluh dosen tersebut adalah: Ahmad Yulianto, M.P.d., Nouval Rumaf, M.Pd., Mursalim, M.Pd., Firman, M.Pd.. Mustika Irianti, M.Pd., Fathurrahman, M.Pd., Matahari, M.Kom., Aldilla Wilies Sutikno, M.H., Ratna Prabawati, M.Pd., dan Syams Kusumaningrum, M.Pd.I., 

Dari total peserta calon asesor BAN-PAUD se Papua dan Papua Barat jumlah terbanyak adalah peserta dari Dosen dari FKIP - UNIMUDA Sorong .

Ditambahkan oleh Ahmad, bahwa seluruh pembiayaan dari kegiatan ini semua ditanggung oleh mata anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN) tahun 2019. [ds].