06 Agustus 2019

Dosen UNIMUDA Latih metode pengajaran Bahasa Inggris Guru SD

Peserta Pelatihan Bahasa Inggris bagi Guru SD

SORONG | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong sebagai salah satu perguruan Tinggi terkemuka di Kawasan timur Indonesia mempunyai peran penting yang dijabarkan dalam tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Guna mewujudkan salah satu komponen tri dharma perguruan tinggi tersebut, beberapa dosen UNIMUDA Sorong dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kemarin (5/8/19) melakukan pengabdian masyarakat dengan melibatkan para guru Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah se - kabupaten Sorong.

Ketua Pelaksana program pengabdian pada masyarakat, Syams Kusumaringrum, S.S., M.Pd.I., yang juga adalah Dosen mata kuliah Bahasa Inggris pada Program studi PGSD-FKIP UNIMUDA Sorong ini mengatakan bahwa pelaksanaan pengabdian ini dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan mengajar Bahasa Inggris bagi para guru SD melalui metode-metode yang menyenangkan.

Tujuan dari program ini adalah untuk melatih guru2 SD/MI Muhammadiyah Sekabupaten Sorong agar lebih terampil dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada peserta didiknya, yaitu dengan metode yang menyenangkan dan mudah untuk diaplikasikan” jelas Syams.

Ditambahkan juga oleh Syams, kegiatan ini merupakan implementasi dari program pengabdian masyarakat internal dari LP3M-UNIMUDA Sorong tahun 2019, dengan luaran dari kegiatan ini yaitu diharapkan guru-guru yang telah mengikuti kegiatan ini mampu mempraktekkannya di sekolah masing-masing dan pihaknya juga akan melaksakan program pendampingan untuk memaksimalkan program tersebut.

Pelatihan Bahasa Inggris bagi Guru SD/MI Muhammadiyah se Kabupaten Sorong dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd., bertempat di Gedung perpustakaan Terpadu UNIMUDA Sorong. Dalam sambutannya bahwa UNIMUDA Sorong tidak henti-henti untuk melakukan inovasi-inovasi pendidikan dengan melibatkan stake holder secara langsung dan tentunya kebermanfaatannya bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat secara luas.

sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, UNIMUDA Sorong juga telah membuat beberapa lembaga-lembaga yang bersinggungan langsung dengan masyarakat luas yang secara teknis dikelola oleh LP3M, satu diantaranya adalah English Village yaitu sebuah lembaga untuk meningkatkan kemampuan Bahasa inggris melalui metode-metode yang sangat mudah sehingga masyarakat luas bisa mengikuti program tersebut, ada juga sekolah-sekolah labschool serta program-program pemberdayaan masyakarat di kampung” ungkap Doni.

Pelatihan Peningkatan kemampuan Bahasa Inggris bagi para guru SD melalui metode “sing and song” ini melibatkan 8 guru SD/MI Muhammadiyah kabupaten Sorong serta melibatkan beberapa mahasiswa dari UNIMUDA Sorong, pelaksanaan program ini selama 1 hari mulai pukul 08:30 – 16:00 WIT. [ds].