18 Agustus 2019

Upacara HUT RI ke-74, UNIMUDA Libatkan 1.500 PESERTA

Pasukan Pengibar Bendera saat menaikan bendera sang Merah Putih

SORONG | Lapangan Hijau Khalid bin Walid kampus UNIMUDA Sorong di hari Sabtu pagi (17/8/19) mendadak berubah warna menjadi “merah dan Putih” oleh para peserta upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Upacara mulai berlangsung pukul 07.30 WIT, diikuti ribuan peserta dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd., dan Komandan upacara Septian Pramono (Mahasiswa FKIP-Program Studi Pendidikan Jasmani).

Bertindak sebagai proklamator adalah Kepala Biro Akademik UNIMUDA Sorong, Mukhlas Triono, M.Pd., dan petugas pengibar bendera adalah Hadi Prastiyanto, Stefan Afdan, Mustakim dengan diiri oleh Pasukan pengibar Bendera (Paskibra) UNIMUDA Sorong. Komandan upacara dan  Anggota pasukan pengibar bendera merupakan purna Paskibra saat mereka masih menjadi siswa sekolah menengah.

Peserta upacara terdiri dari 1.500 mahasiswa baru tahun Akademik 2019/2020, turut hadir juga sebagai peserta upacara dari Organisasi Mahasiswa (ORMAWA), dosen, tenaga kependidikan dan Satuan Pengamanan, dan Juga dari Ma’had Bilal bin Rabah UNIMUDA Sorong serta organisasi Otonom Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Sorong

Upacara peringatan hari ulang tahun ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan oleh seluruh lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) di seluruh Indonesia, sesuai surat edarannya Nomor: 54/A.A3/SE/2019 tanggal 12 Agustus 2019 dan pada tahun ini, tema yang diusung Kemenristek Dikti adalah ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’.

Sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi dalam Peringatan HUT Ke-74 RI Tahun 2019 di UNIMUDA Sorong dibacakan Wakil Rektor, Doni Sudibyo, selaku Inspektur Upacara. Tema SDM Unggul, Indonesia Maju mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia.

Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0.

Suasana peringatan hari proklamasi Indonesia pada Upacara Bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI di UNIMUDA Sorong memuncah tatkala Sang Saka Merah Putih berkibar ‘anggun’ di atas tiang bendera.

Setelah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ke-74 di UNIMUDA Sorong berakhir, Irup yang didampingi oleh para pimpinan dan dosen UNIMUDA Sorong menyambangi seluruh peserta upacara di lapangan Khalid bin Walid UNIMUDA Sorong. [ds].

Biro humas dan kerjasama, Baa