28 Agustus 2019

Kuliah Perdana, Program Studi Psikologi Datangkan Pakar dari UGM

Prof. Hadjam saat memberikan Kuliah Perdana di Program studi Psikologi UNIMUDA Sorong

SORONG | Program Studi Psikologi merupakan program studi yang masih sangat baru yang berada di Fakultas Hukum dan Humaniora Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang berdiri SK Menristek Dikti Nomor 1132/ KPT/ I/ 2018.

Di tahun akademik 2019/2020 untuk angkatan pertama ini sebanyak 42 mahasiswa yang memimih program studi Psikologi dan dalam kegiatan Masa Ta’aruf Mahasiswa kemarin (27/8/19) sekaligus diadakan kuliah perdana dengan mendatangkan Guru Besar Psikologi dari Universitas Gajah Mada, Prof. Dr. M. Noor Rochman Hadjam, SU, Psikolog.

Kuliah Perdana yang bertajuk "Psikologi Menghadapi Tantangan Masa Depan” ini dihadiri oleh mahasiswa program studi psikologi dan program studi Hukum serta bapak/ibu dosen dari fakultas yang ada di lingkungan UNIMUDA Sorong.

Dalam kuliahnya, Prof. Dr. M. Noor Rochman Hadjam, SU, Psikolog yang juga adalah Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu, menyampaikan bahwa peluang untuk program studi Psikologi masih sangatlah besar, karena menurutnya jika masih ada manusia di dunia ini maka ilmu psikologi masih sangat dibutuhkan.

saat ini kebutuhan akan ilmu psikologi itu sangatlah besar, baik itu secara individu, industri, rumah sakit, sekolah, pemerintahan, Militer, masyakarat dan juga Penjara, dengan kata lain jika di dunia ini masih ada manusia pasti ilmu psikologi masih sangat dibutuhkan”. ungkap Prof, Hadjam.

Ditambahkan juga oleh Prof. Hadjam, bahwa jumlah program studi Psikologi di Indonesia saat ini ada 140 program studi dan syukur alhamdulillah bertambah 1 progrm studi lagi di Kawasan timur Indonesia, sehingga diharapkan psikologi di UNIMUDA Sorong ini bisa menjadi pioneer untuk wilayah Kawasan timur Indonesia.

Sementara itu Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., saat mendampingi kuliah perdana tersebut menyampaikan bahwa ke depan seluruh program studi yang ada di UNIMUDA Sorong ini harus menghasilkan lulusan yang berbeda, sehingga UNIMUDA Sorong bisa mempunyai ciri khas tersendiri.

salah satu upaya untuk menciptakan lulusan  yang berbeda di masing-masing program studi kita harus senantiasa menciptakan “ledakan-ledakan” pengetahuan yang mampu menggetarkan mahasiswanya sehingga mereka mampu untuk bersaing sesuai dengan kebutuhan zamannya”. Kata Rustamadji.

Rektor UNIMUDA Sorong juga menagaskan bahwa UNIMUDA Sorong dalam penyelenggaraan Pendidikan tinggi ini UNIMUDA selalu mengedapankan kemampuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswanya, artinya bahwa semua mahasiswa yang masuk ke UNIMUDA Sorong itu mempunyai peluang yang sama tanpa membedakan satu dengan yang lainnya dan semua mahasiswa UNIMUDA adalah juara. [ds/ni]