29 Agustus 2019

Gelar 1.745 Penari ASTER PAPUA, UNIMUDA Sorong Raih Rekor MURI

1.745 Penari Tarian Aster Papua UNIMUDA Sorong

SORONG | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, hari ini, Kamis (29/8/19) kembali mengukir prestasi gemilang yaitu dengan menggelar acara pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) Tarian Aster Papua dengan diikuti oleh 1.745 penari dan ini merupakan penari terbanyak di Indonesia bahkan dunia.

Acara pemecahan rekor MURI 2019 dengan tarian Aster Papua ini dilaksanakan di Lapangan Khalid bin Walid Kampus UNIMUDA Sorong, dibuka secara resmi oleh Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., dan dihadiri oleh Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, S.H., M.Si., Perwakilan MURI, Dandim Sorong yang juga ikut menari Aster Papua bersama seluruh penari.

Dalam sambutannya, Rektor UNIMUDA Sorong, menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk peran UNIMUDA Sorong sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang senantiasa menunjung tinggi perbedaan serta untuk menunjukkan kepada Indonesia bahkan dunia bahwa di UNIMUDA Sorong telah mengimplemenasikan nilai-nilai Kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“…ini merupakan salah satu cara kami (UNIMUDA) dalam  mengimplementasikan nilai-nilai kebhinekaan, dan kami juga telah menunjukan pada dunia bahwa Kampus UNIMUDA yang ada di Sorong Papua Barat ini benar-benar menjunjung tinggi perbedaan serta bersatu hidup dalam kedamaian dan kasih sayang,” ungkap Rustamadji.

Sementara itu, Retna Purbawati, M.Kn., sebagai Perwakilan MURI menilai bahwa tarian Aster Papua yang diselenggarakan oleh kampus UNIMUDA Sorong dengan penari sebanyak 1.745 ini merupakan pertama kali di Indonesia dan belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga tercatat sebagai rekor MURI.

ada hal yang menarik dalam kegiatan ini, selain acara inti telah berjalan sesuai prosedur, ternyata banyak pesan-pesan moral yang disampaikan melalui kegiatan ini, diantaranya adalah menjaga semangat persatuan serta sikap kebersihan di kampus ini sangat diutamakan” tutur Retna.

Kegiatan Pemecahan Rekor MURI kampus UNIMUDA Sorong ini juga dirangkaikan dengan pelepasan kontingen Club Sepakbola U21 UNIMUDA Sorong yang akan bertanding mewakili Papua Barat dalam Liga Mahasiswa dengan merebutkan Piala Kemenpora 2019 di Daerah Istimewa Yogyakarta awal September mendatang. [ds].