16 Oktober 2019

Mahasiswa Teknik Kimia UNIMUDA Teliti Jamur Tiram

sejumlah mahasiswa Teknik Kimia UNIMUDA bersama Pemilik Usaha Jamur Timar di Aimas

SORONG | Mahasiswa program studi Teknik Kimia dari Fakultas Sains dan Teknologi UNIMUDA Sorong kemarin (16/10/19) melaksanakan penelitian di salah satu home industry jamur Tiram yang ada di kabupaten Sorong untuk salah satu mata kuliahnya.

Menurut dosen pengampu mata kuliah, Nita Indriyani, M.T., bahwa tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk melengkapi ilmu dalam mata kuliah pengantar Teknik Kimia yang telah diajarkan.

hal ini dilakukan selain memenuhi tugas juga memberikan ilmu baru tentang alur proses pembuatan jamur tiram dna juga melihat beberapa alat yang digunakan dalam proses kimia tersebut” kata Nita.

Ditambakan oleh Nita bahwa, para mahasiswa juga diharapkan bisa melihat peluang-peluang entrepreneurship tentang bagaimana suatu barang/produk dihasil melalui sebuah alur proses yang membutuhkan sebuah rekayasa dan kreatifitas.

Sementara itu pemilik home industry D’papua Jamur Tiram, Frenky, bahwa proses yang dilakukan pada jamur tiram ini adalah menggunakan alat proses dari hasil kreatifitas sendiri, dan usaha yang digeluti ini sudah berjalan kurang lebih 3 tahun.

kami selama kurang lebih tiga tahun usaha jamur ini menggunakan alat yang kami modifikasi sendiri sesuai dengan keadaan di sorong ini, yaitu seperti alat kukus besar, alat grinding/mixing rotary, dan mesin press”. Jelas Frenky.

Pemilik usaha D’papua Jamur Tiram yang terletak di Jalur Walet, kelurahan Malasom Distrik Aimas kabupaten Sorong ini juga menyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa UNIMUDA Sorong yang telah datang untuk sama-sama belajar, dan dirinya juga selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengetahui tentang jamur tiram, karena menurutnya berbagai ilmu tidaklah rugi dan rejeki sudah diatur oleh Tuhan, dalam menerima kunjungan ini pemilik d’papua jamur tiram sangatlah terbuka dan senang. Apalagi yang datang adalah mahasiswa dihiharapkan ke depan akan ada inovasi-inovasi dari mahasiswa yang hadir dan berbagi ilmu ini. [ds/ni]