21 November 2019

UNIMUDA Resmi Launching Program David Bechkam Foundation

Penyerahan Buku Paket Program dari Warek UNIMUDA ke Pemerintah Daerah Kab. Sorong

SORONG | Peringatan 30 Tahun Kovensi Persyarikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Hak Anak yang bertepatan tanggal 20 November 2019, Universitas Pendidikan Muhammmadiyah (UNIMUDA) Sorong melalui program kemitraan Unicef melakukan launching program dukungan David Bechkam Foundation (DB7) dan U-report Indonesia di Meeting Room UNIMUDA Sorong, Rabu (20/11/19) kemarin.

Launching program dalam mendukung hak anak dan remaja Indonesia untuk maju dan berkembang melalui Literasi baca tulis dan Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) merupakan lanjutan dari program – program sebelumnya untuk literasi untuk kelas awal tingkat sekolah Dasar, dan PKHS untuk SMP.

Dijelaskan oleh Kepala Kantor Unicef Papua, Try Laksono Hari Santoso, bahwa untuk program ini terdapat komponen baru yakni sikap disiplin untuk SMP dan anti bullying yang diharapkan melalui program tersebut dapat mencegah tindakan kekerasan di sekolah. Karena menurutnya tidak hanya kekerasan antar siswa tetapi juga siswa dengan guru atau pengajar.

kekerasan di sekolah tidak hanya antar siswa, konflik antar guru juga ditemukan, untuk itu dengan metode pendisiplinan diharapkan dapat memperkenalkan positif disiplin, yang tidak hanya untuk murid tetapi juga guru agar tidak melalukan kekerasan lagi” terang Try.

Sementara itu Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd., menyampaikan, UNIMUDA Sorong dengan kapasitas yang telah dimiliki saat ini terus memantaskan diri sebagai mitra Unicef dan juga Pemerintah Daerah, kerena program kemitraan ini merupakan program yang sangat seksi dan professional, sehingga melalui program DB7 dapat lebih melengkapi seluruh program dari PAUD, literasi dan juga PKHS.

bersama pemerintah daerah dan kota dalam hal ini Dinas Pendidikan dan kebudayaan dan juga disupport oleh Unicef yang didanai oleh DB7 Foundation ini UNIMUDA Sorong terus meningkatkan kapasistasnya sebagai perguruan tinggi di tanah Papua yang pantas untuk bermitra, secara program untuk program DB7 di awal ini akan berlangsung selama 6 bulan terlebih dahulu dan selanjutnya akan terus dievaluasi agar lebih profesional”. Jelas Doni.

Launching program DB7 Foundation dihadiri oleh Bupati Sorong yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Sumber Daya Manusia dan juga pengawas sekolah, kepala sekolah serta para siswa sekolah pilot project di kabupaten dan kota Sorong. [ds].