30 November 2019

Kenali Dunia Industri, Prodi Teknik Kimia Field Trip  ke PT. Pertamina Persero RU VII Kasim

Foto Mahasiswa Prodi Tekim bersama GM PT Pertamina (persero) RU VII kasim

SORONG | Dalam rangka memperkenalkan dunia industri minyak dan gas kepada para mahasiswa Program Studi Teknik Kimia dari Fakultas Sains dan Teknologi UNIMUDA Sorong, pekan kemarin  (4/11) melakukan studi lapangan (field trip) ke PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VII Kasim di Distrik Seget Kabupaten Sorong.

Rombongan mahasiswa prodi Teknik Kimia yang didampingi Ketua program studi dan Dekan Fakultas Saintek disambut hangat oleh General Manager (GM) PT Pertamina (Persero) RU VII Kasim, Edy Jawari Utama yang didampingi oleh beberapa staffnya. Dalam sambutannya, pihaknya menyampaikan bahwa salah satu tugas PT. Pertamina (perseo) adalah menjadi agen pembangunan di semua bidang diantaranya adalah dalam bidang Pendidikan.

“…dan satu diantara tugas kami (PT. Pertamina) yang juga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)adalah menjadi agend pembangunan di semua sektor, dan salah satunya adalah dengan memberikan sumbangsih tambahan pengetahuan kepada institusi pendidikan, seperti yang dilakukan pada hari ini oleh mahasiswa UNIMUDA”. Jelas Edy.

GM PT. Pertamina (persero) juga menambahkan bahwa selain memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa, PT. Pertamina (Persero) Ru VII Kasim juga siap menampung jika kelak mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UNIMUDA Sorong akan melakukan kerja praktik industri.

Sementara itu, Dekan Dr. Herningsih, M.M., saat memberikan sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan ini dapat dijadikan gambaran oleh mahasiswa tentang peluang kerja untuk lulusan teknik kimia. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan untuk dapat mencintai ilmu teknik kimia. Ke depan diharapkan adanya kerja sama antara UNIMUDA dan PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit VII Kasim yang saling berkesinambunngan, yaitu seperti melakukan field trip ini dan kerja praktik.

Dalam field trip ini sambutan dari PT. Pertamina (Persero) ini para mahasiswa sangat antuias. Hal ini terlihat ketika sedang mendapatkan materi tentang alur proses produksi BBM khususnya RU VII, K3 (keselamatan, kesehatan kerja), water treatment process (WTP) serta kelilingan lapangan dan ruang demo alat K3. [ds-ni]

Fst-unimuda, Humas-unimuda