12 Desember 2019

Miliki Lembaga Inkubator Bisnis, LP3M-UNIMUDA Ikuti RAKOR bersama Kemdes RI

Eva Maya Sari, Keprodi Agribisnis - UNIMUDA menjadi Utusan Papua dan Papua Barat

JAKARTA | Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M)- UNIMUDA Sorong merupakan satu-satunya Lembaga di Perguruan Tinggi di Kawasan timur Indonesia yang telah berhasil mempunyai Lembaga Inkubator Bisnis, dan dengan adanya lembaga tersebut LP3M-UNIMUDA mendapat undangan resmi dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) bersama Menteri Desan, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI kemarin (8-10/12) bertempat di Mercire Ancol, Jakarta Utara.

Eva Maya Sari, S.TP., M.Si., yang juga Ketua program studi Agribisnis dari Fakultas Sains dan Teknologi – UNIMUDA diutus sebagai perwakilan dari LP3M-UNIMUDA Sorong untuk mengikuti kegiatan tersebut. Disampaikan oleh Eva kepada UNIMUDA News melalui sambungna seluler langsung dari Mercure Ancol, menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarat pedesaan melalui dana desa.

Program PIID-PEL ini merupakan   program pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan di bebagai bidang seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata dengan memberdayakan masyarakat desa dan kaum perempuan yg tergabung dalam TPKK dan Bumdes di setiap desa”. terang Eva.

Dijelaskan juga bahwa Program ini diikuti oleh utusan dari seluruh wilayah di Indonesia, dan yg berhasil mendapatkan program bantuan dana dari Kemendes hanya 126 desa/kampung, dan salah satunya adalah kampung Arar yg merupakn binaan UNIMUDA Sorong.

“…dari seluruh utusan di wilayah Indonesia hanya ada 126 Desa/kampung yang berhasil meraih dana dari Kemendes sebesar hampir 1 M, dan syukur alhamdulillah salah satunya adalah kampung Pulau Arar yang juga sebagai kampung binaan UNIMUDA Sorong” tambah kaprodi Agribis itu.

Kenapa kampung Arar berhasil meraih dana tersebut, karena menurutnya bahwa kampung Arar adalah satu-satunya perwakilan dari Papua dan Papua Barat yg mendapatkan program hibah ini karena kampung Arar bermitra dengan Inkubator Bisnis LP3M-UNIMUDA Sorong. 

Inkubator Bisnis adalah sebuah Lembaga yang memiliki program memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat dan kegiatan tersebut juga termasuk dalam dalam bagian Tridharma Perguruan Tinggi, yang bertujuan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

Pendampingan yang selama ini telah dilakukan oleh Inkubator LP3M-UNIMUDA Sorong terhadap Kampung Arar adalah dari sektor budidaya rumput laut, pengolahan  rumput laut hingga menjadi sebuah produk siap disaji dan dipasarkan seperti pembuatan bakso, krupuk, permen, pillus, dan tepung yang semua bahan dasarnya adalah rumput laut.

Dalam kegiatan tersebut yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, LP3M-UNIMUDA menjadi satu-satunya perguruan Tinggi perwakilan dari Papua dan Papua Barat, dan acara tersebut dibuka dan ditutup secara resmi oleh Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.  [ds]