17 Desember 2019

Mahasiswa FISHUM-UNIMUDA Digandeng POLRES Sorong, Kampanyekan Kurangi Angka Kecelakaan

mahasiswa FISHUM UNIMUDA bersama Satuan Lalu lintas Polres Sorong

SORONG | Fungsi mahasiswa selain sebagai pengerak yang mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, mahasiswa juga sebagai penjaga nilai-nilai masyarakat yang kebenarannya mutlak, kejujuran, keadilan, gotong royong, integritas, empati dan lainnya.

Seperti halnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UNIMUDA Sorong yang telah berperan aktif dalam bidang kemasyarakatan dengan bekerjasama dengan Satuan lalu lintas bidang Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kepolisian Resor Sorong untuk membantu masyarakat dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Sorong Raya.

Bertempat di Gedung Aula Polres Sorong kemarin (13/12/19), puluhan mahasiswa FISH-UMNIMUDA bersama masyarakat dan juga Satuan lalu lintas mengkampanyekan Kurangi angka kecelakaan dengan menggelar Sosialisasi mengurangi angka kecelakaan dengan tema “Peranan Dikmas dalam Mengurangi Angka kecelakaan Serta Penanganan Laka Lantas dan Asuransinya Bagi Korban Kecelakaan”.

Menurut Ipda H. Muhammad Asri S. SH., M.H., selaku Kanit Laka Satuan Lantas Polres Sorong, mengungkapkan dalam materinya bahwa sosialisasi ini dilakukan kepada semua elemen dalam masyarakat sabagai upaya pencegahan atau preventif yang dilakukan oleh Polres Sorong guna menekan angka kecelakaan di jalan raya, kita semua perlu memahami bagaimana menjadi seorang pengendar yang baik, jikapun belum, tentu saja kita bisa terhindar sebagai korban dari kecelakaan di jalan raya. Ditanya tentang apa penyebab tingkat kecelakaan kendaraan bermotor cukup tinggi di kabupaten Sorong, menurutnya bahwa masih didominasi oleh pengendaran yang dibawah pengaruh minuman beralkohol, hilangnya kesadaran dalam berkendara menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya.

Turut hadir juga Dekan FISHUM-UNIMUDA Sorong, Aldilla Yulia Wiellys Sutikno, M.H., dalam kegiatan tersebut, menurut bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu peran perguruan tinggi dalam hal ini adalah adalah mahasiswa dalam pengabdian pada masyarakat.  

peran mahasiswa sangat strategis di masyarakat, sehingga sebagai perguruan tinggi harus benar-benar mampu untuk mengarahkan serta memfasilitasi mahasiswanya kearah yang positif dan bermanfaat, dan ini salah satu upaya kami (UNIMUDA) untuk mewadahi mereka” jelas Aldilla.

Ditambahkan juga oleh Dekan, bahwa saat ini Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UNIMUDA telah mempunyai lima program studi yang sangat strategis dalam pembangunan masyarat khususnya di tanah papua, yaitu program studi Hukum, Psikologi, Akuntasi, Hubungan Internasional, dan Ilmu Pemerintahan. [ds].

Humas-unimuda, Fishum-unimuda