19 Desember 2019

Rektor UNIMUDA: Saatnya Papua Maju dan Bermartabat

Peserta Konferensi Pembangunan Papua 2019

JAKARTA | Konferensi Pembangunan Papua dengan mengambil tema SDM Papua unggul menuju Indonesia maju yang dilaksanakan di JW Marriott Hotel – Jakarta (16-17/12/19), merupakan bahan pencerah bagi para pesertanya. Tidak tanggung-tanggung kegiatan ini diikuti oleh gubernur Papua dan Papua Barat, seluruh Bupati Walikota , Bappeda Provinsi dan Kabupaten, kalangan Perguruan Tinggi, serta para pemerhati dan para aktivis di tanah Papua.

Sebagai peserta aktif, akademisi, sekaligus praktisi memandang kegiatan tersebut sangatlah positif, bagi seseorang yang selalu bisa memanfaatkan momen strategis tersebut untuk sebuah kemajuan di tanah ini. Data dan informasi sudah disampaikan oleh para penyaji, mulai menteri , gubernur, serta para pengambil keputusan di tingkat pusat.  

Banyak catatan penting tentang tanah Papua, yang harus segera disikapi, agar tidak berlarut jurang pemisah antara tanah Papua dengan daerah lain. Kepala LLDIKTI 14 Papua dan Papua Barat sebagai salah satu pembicara menyampaikan, jangan sampai terjadi bagaikan seseorang yang kasihan terhadap ikan yang berada di air, lalu mengambilnya dan ditaruh di darat. Ini menggambarkan bahwa pembangunan di tanah Papua haruslah memperhatikan faktor adat, budaya, karakter, serta kearifan lokal Papua, sehingga pembangunan yang dilakukan benar tepat sasaran dan sesuai dengan yang dikehendaki masyarakat.

Beliau juga menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tanah Papua yang mahasiswanya mayoritas anak negeri, tidak bisa berkembang karena kesulitan keuangan, mengingat biaya kuliah mudah jauh di bawah pembayaran PTS di kawasan lain, disamping itu tidak lancar. Pada kondisi yang demikian diperlukan kehadiran negara secara serius untuk melakukan dukungan dan pendampingan agar PTS di tanah Papua tidak terlalu jauh kesenjangannya dengan daerah lain.

Pada era sekarang di mana perubahan pemikiran, tindakan, dan metode, yang begitu cepat, diperlukan keseriusan agar mahasiswa juga tidak dilepas begitu saja, namun ada proses pendampingan oleh pelatih, sehingga sejak masuk seorang mahasiswa sudah tahu tujuan kuliah, serta dilatih secara serius berproses menuju tujuan yang telah ditetapkan. Seorang anak milenial sekaligus staf khusus presiden Billy Mambrasar sangat menarik untuk perubahan generasi muda Papua. Dorongan agar menjadi seorang Entrepreneurship menjadi sangat kuat, karena menyampaikan cara dan contoh yang luar biasa.

Afirmasi yang dilakukan oleh negara terhadap Papua janganlah terlalu lama, namun hanya sekedar mengantarkan agar SDM di Papua segera setara dengan daerah lain. Marilah saatnya kita melakukan evaluasi diri untuk perbaikan diri, menuju kualitas yang lebih baik, ini secara sadar semua orang sejatinya bisa melakukan, dan tentu akan sangat produktif. Jangan terjebak dengan potensi yang ada untuk menyalahkan pihak lain, yang bukan dalam kekuasaan kita, dan tidak berdampak positif pada kemajuan SDM di tanah ini. [Rustamadji-Rektor UNIMUDA]

Humas-unimuda