31 Desember 2019

Refleksi Akhir Tahun 2019, UNIMUDA Sorong Revitalisasi Mutu AIK melalui Baitul Arqom

pembukaan Baitul Arqom UNIMUDA Sorong tahun 2019

SORONG | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah terus berupaya meningkatkan kapasitas sekaligus terus memantaskan diri sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang unggul dan berkemajuan di Kawasan Timur Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan secara terprogram di akhir tahun 2019 ini adalah dengan cara merevitalisasi nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyah (AIK) bagi seluruh pimpinan, dosen, staf dan karyawan UNIMUDA Sorong melalui Baitul Arqom yang dilaksanakan setiap tahun sesuai kalender akademik.

Baitul Arqam bagi Pimpinan, dosen, staf dan karyawan UNIMUDA Sorong dibuka secara resmi oleh Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., yang didampingi oleh Ketua BPH UNIMUDA Sorong, dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNIMUDA sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus terus mengutamakan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang diamalkan secara kafah, karena menurutnya bahwa dengan kagiatan-kegiatan seperti Baitul Arqom ini akan menjadi salah satu cara agar UNIMUDA Sorong tetap mempunyai roh spiritual yang akan mengantarkan UNIMUDA menjadi PTM yang Unggul dan berkemajuan.

…dan jika kita sebagai sivitas akademika UNIMUDA hanya melaksanakan aktivitas secara fisik saja, tanpa memperhatikan serta mengikuti kajian-kajian tentang keislaman dan kemuhammadiyahan itu bagaikan tubuh manusia yang berjalan namun tanpa roh, sehingga kegiatan ini sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas kita sebagai seorang yang profesional”. tegas Rustamadji.

Ditambahkan juga oleh Rektor UNIMUDA Sorong bahwa kegiatan ni sebagai salah satu bentuk pembinaan melalui Badan Pembina Harian (BPH) kepada seluruh pimpinan, dosen, staf dan karyawan UNIMUDA agar semua menjadi hamba-hamba yang berbahagia serta hamba-hamba yang selalu mengevaluasi diri dalam menjalankan amanahnya di UNIMUDA Sorong.

melalui Baitul Arqom ini juga kita bisa melakukan evaluasi diri atau muhasabah untuk perbaikan-perbaikan baik itu secara pribadi-pribadi maupun secara institusi, karena pribadi atau instansi yang senantiasa melalukan intropeksi atau evaluasi diri pasti akan menjadi sesuatu yang lebih unggul”. tambah Rektor UNIMUDA

Sementara itu Ketua Panitia Baitul Arqom bagi Pimpinan, Dosen, staf dan karyawan UNIMUDA Sorong tahun 2019, Abdul Hafid, M.Pd., dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa secara kalender akademik UNIMUDA Sorong secara rutin telah melaksanakan Baitul Arqom dan kegiatan ini merupakan inisiasi dari Badan Pembina Harian (BPH) yang bekerjasama dengan UPT AIK UNIMUDA Sorong.

Baitul Arqom pada tahun 2019 ini akan dilaksanakan selama 3 hari atau setara dengan 26 JP, terhitung sejak 31 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 dan diikuti oleh 62 Peserta dari unsur pimpinan, dosen, staf dan karyawan UNIMUDA, kegiatan ini juga merupakan kegiatan kerjasama antara BPH dan UPT-AIK UNIMUDA Sorong”. terang Hafid.

Baitul Arqom pada akhir tahun 2019 ini mengusung tema “Revitalisasi Mutu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menuju UNIMUDA yang berkeunggulan” dan sebagai pemateri utamanya adalah Ketua BPH UNIMUDA Sorong, Drs. H. Nursono Sidiq, Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si.dan juga Mudir Ma’had Bilal Bin Rabah UNIMUDA Sorong, Zulkifli, Lc., M.Ag. Luaran yang akan dicapai pada Baitul Arqom tahun ini adalah implementasi standar mutu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi seluruh sivitas academika UNIMUDA Sorong. [ds].

UPT-AIK UNIMUDA, Humas-unimuda, LPM UNIMUDA Sorong