Satu-satunya Kampus di Tanah Papua Sebagai Pendamping SMK-PK, UNIMUDA Gelar Grand Launching

UNIMUDANews | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan yang merupakan program lanjutan dari SMK Center of Excellence (CoE) dan Revitalisasi SMK yang berfokus pada insentif bantuan fisik bagi SMK melalui sektor prioritas.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 12/D/O/2022 tanggal 14 Maret 2022 tentang Penetapan Sekolah Pelaksanaan Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022 menetapkan sebanyak 1402 Sekolah yang dinobatkan sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) dan sebanyak 150 Perguruan Tinggi sebagai pendamping.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merupakan salah satu dari 150 Perguruan Tinggi yang dipilih tersebut, dan menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di wilayah Papua dan Papua Barat yang dipercaya mendampingi 4 Sekolah di antaranya adalah SMK YPK Serui, SMKN 1 Kumbe Merauke, SMKN 2 Mimika, dan SMKN 1 Sorong.

Sebelum turun melakukan pendampingan pada sekolah-sekolah, pada hari Kamis (25/8) UNIMUDA Sorong menggelar Grand Launching Pendampingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan Tahun 2022 Wilayah Papua dan Papua Barat.

Grand Launching yang digelar secara hybrid ini dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Heru Sukoco, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Protasius Lobya, S.Sos., M.KP., yang pada kesempatan ini diwakili oleh Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Yulianus Kuayo, S.H.,  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba, M.Pd., Kepala LLDIKTI  Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd., M.Ed., TEFL., M.Phil. yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Pejabat Eselon III dan Eselon IV, Heru Sukoco, M.Pd., Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., seluruh Kepala SMK PK, dan seluruh tim pendamping sebanyak 10 dosen terpilih.

Pada sesi sambutan Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., menyampaikan rasa syukur dan bahagia, pasalnya ini adalah kedua kalinya kampus yang ia pimpin UNIMUDA Sorong dipercaya untuk dapat mendampingi Sekolah Menengah Kejuan (SMK) Pusat Keunggulan dan menjadi satu-satunya PTS yang men  jadi pendamping di wilayah Papua dan Papua Barat.

Alhamdulillah kami adalah 1 dari 150 PT yang tahun ini diberi amanah untuk mendampingi SMK Pusat Keunggulan selama satu semester kedepan, kalau di Tanah Papua dan Papua Barat UNIMUDA satu-satunya PTS yang diberi amanah yang luar biasa ini untuk mendampingi SMK PK di Papua dan Papua Barat, dan ini adalah tahun kedua bagi kami untuk mendampingi.” Ungkap Rektor UNIMUDA Sorong.

Rustamadji juga mengatakan bahwa UNIMUDA Sorong adalah Kakak bagi SMK PK yang dalam hal ini adalah adik yang akan didampingi setiap berjalannya program selama pendampingan tersebut. Beliau juga menghimbau kepada tim dosen untuk dapat mendampingan dengan penuh perhatian dan kasih sayang serta memberikan manfaat dan nilai tambah bagi sekolah-sekolah yang didampingi.

Bapak/ibu sekalian, istilah dari kementrian, kami adalah sebagai pendamping atau yang lebih humanis lagi adalah sebagai kakak pendamping, jadi tentu nanti pada proses pendampingannya harus penuh dengan kasih sayang, pengertian, dan perhatian. Ini istilah dari Dirjen Vokasi pada tahun lalu. Nanti ada pendampingan teknis, menejerial termasuk mengakseskan pada DUDI dan Pemerintah, bila nanti dari SMK memerlukan akses hubungan yang baik maka nanti tim kami yang akan siap memfasilitasi. Peran sebagai kakak ini kehadiran kami bagi SMK PK tentunya harus memberi manfaat dan nilai tambah dari yang sebelumnya tidak dimiliki oleh sekolah. Saya berharap tim kami dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada sekolah agar nantinya munculah ide, gagasan dan informasi bagi sekolah.” Imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Protasius Lobya, S.Sos., M.KP., yang pada kesempatan tersebut diwakilkan oleh Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Yulianus Kuayo, S.H., menyampaikan permohonan maaf karena diwaktu yang bersamaan juga ada agenda lain.

“Saya menyampaikan mohon maaf karena diwaktu yang bersamaan Pak Kadis ada agenda lain sehingga saya yang ditugaskan untuk mewakil, kita patut menyampaikan syukur kepada Tuhan karena terselenggaranya kegiatan ini. Kami dari Pemerintahan Provinsi mengapresiasi atas kebijakan yang diambil oleh Pemerintah melalui Kemdikbud terkait program yang dilakukan ini.” Jelas Kabid tersebut.

Beliau juga menambahkan bahwa Revitalisasi SMK ini ditugaskan oleh Kementrian termasuk 34 Gubernur untuk melihat kembali satuan Pendidikan di wilayah Indonesia termasuk di wilayah Papua dan Papua Barat. Ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah untuk me-review dan melihat kembali Output SMK selama ini dan dampaknya terhadap lulusan itu sendiir apakah lebih banyak pada pengangguran atau menjadi pekerja pada bidang industri dan lainnya. Langkah-langkah tersebut dilakukan untuk melahirkan anak didik yang siap di bidang DUDI atau melanjutkan pendidikan.

Bersamaan pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba, M.Pd., yang pada kesempatan tersebut diwakilkan oleh Sekretarisnya menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadiran beliau pasalnya bersamaan di hari tersebut juga ada agenda lain. Beliau juga menyampaikan rasa terimakasih kepada tim di UNIMUDA Sorong dan mengharapkan bimbingan dan dorongan kepada tim pendamping.

Kepada UNIMUDA Sorong sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya karena sudah pasti akan berusaha mendampingi semaksimal mungkin, kami berharap bimbingan dan dorongannya bagi sekolah-sekolah kami.” Tutur Sekretaris Kadisdik Papua Barat.

Adapun Kepala LLDIKTI  Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd., M.Ed., TEFL., M.Phil. yang diwakili oleh Pejabat Eselon III dan Eselon IV, Heru Sukoco, M.Pd., dan pada kesempatan ini membuka acara Grand Launching tersebut. Beliau mengapresiasi atas terselenggaranya program ini terkhusus kepada UNIMUDA Sorong yang pada kesempatan ini kembali dipercaya dan diamanahi untuk dapat mendampingi SMK PK di wilayah Papua dan Papua Barat.

Kami mengapresiasi yang sangat luar biasa terutama kepada UNIMUDA yang diberi kepercayaan dari Dirjen Vokasi untuk mendampingi SMK PK yang pada saat ini di Papua dan Papua Barat ada 4 SMK PK. Suatu penghargaan yang didapatkan oleh UNIMUDA perlu sampaikan bahwa koordinasi PTS saat ini berjumlah 75 PTS dan PTN yang ada di bawah LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat.” Terangnya.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada 4 SMK yang mendapat penghargaan menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan, beliau juga meminta untuk dapat menularkan penghargaan ini kepada sekolah-sekolah lain, sehingga di tahun berikutnya akan lebih banyak lagi SMK yang menjadi Pusat Keunggulan juga.

Sementara itu di akhir acara Rustamadji juga mengungkapan rasa terimakasihnya, dan pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan juga permintaan maaf apabila pada pelaksanaannya ada hal-hal yang kurang berkenan. Beliau juga menginformasikan bahwa tim akan mendampingi dan melakukan kunjungan minimal sekali dalam sebulan dan pihak sekolah dapat menyampaikan apa saja yang sekiranya kurang kepada tim. (kdx)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rilis Berita

Agenda

Info

Social Media

On Key

Related Posts