UNIMUDA dan Ditbelmawa Tandatangani PKS, PMM 3 Akan Segera Bergulir

UNIMUDANews – Jakarta | Dalam rangka mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 (PMM 3), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menggelar kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (DITBELMAWA) dan Perguruan Tinggi Penerima dengan mengundang sebanyak 144 Perguruan Tinggi untuk hadir pada tersebut pada Kamis, (15/06).

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang di undang pada kegiatan  yang dilangsungkan di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Penandatanganan perjanjian ini bertujuan untuk mendorong mobilitas mahasiswa dalam rangka meningkatkan pemahaman lintas budaya, peningkatan kualitas pendidikan, dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

Kepala Program Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Asri Aldila Putri, S.Sos, M.Si. mengungkapkan bahwa program ini memberi impact yang baik kepada Perguruan Tinggi khususnya kepada Mahasiswa.

Pelaksanaan program PMM ini membawa dampak yang luar biasa bagi mahasiswa dan tentunya Perguruan Tinggi, dimana bedasarkan survei yang dilakukan pada PMM tahun 2022 sebanyak  66,7% merasakan manfaat yang luar biasa dari program PMM. Diharapkan PT dapat terus mendorong program-program MBKM sebagai upaya memberikan pengalaman yang sangat berharga kepada mahasiswa, seperti slogan program PMM (Bertukar Sementara Bermakna Selamanya).” Ungkapnya.

Adapun Wakil Rektor III UNIMUDA Sorong, Aldilla Yulia Wiellys Sutikno, M.H. menjelaskan bahwa tahun ini UNIMUDA Sorong  mengajukan kuota untuk 500 Mahasiswa. Ia juga menjelaskan bahwa menurut data yang terdapat pada sistem berjumlah 2.969 Mahasiswa.

Tahun ini kami mengajukan kuota sebanyak 500 Mahasiswa dan mahasiswa dengan peminat yang terdata pada sistem berjumlah 2969 Mahasiswa.” Ungkapnya

Selain itu Aldilla juga menambahkan bahwa bedasarkan pengumuman yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) yang telah terverifikasi UNIMUDA Sorong  menerima sebanyak 369 Mahasiswa dari kurang lebih 200 PT se-Indonesia.

Hal tersebut menjadi sebuah kebanggan yang luar biasa bagi kami, UNIMUDA Sorong selaku Perguruan Tinggi yang berada di Wilayah Timur Indonesia dengan kuota yang setiap tahunnya terus bertambah secara signifikan.” Imbuhnya  

Dimulai dari Tahun 2021  mendapatkan 62 mahasiswa, kemdian di tahun 2022 158 dan ditahun 396, ini membuktikan kepercayaan negara melalui KEMENDIKBUDRISTEK kepada UNIMUDA Sorong begitu besar. Dan kami juga berharap ditahun-tahun berikut dapat dengan baik mengikuti segala program MBKM yang diberikan.

Dalam perjanjian kerjasama ini, perguruan tinggi yang terlibat menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran selama satu semester atau lebih di perguruan tinggi mitra. Program ini melibatkan berbagai disiplin ilmu, mulai dari bidang sains, teknologi, kedokteran, sosial, humaniora, hingga seni dan budaya.

Selain itu, perjanjian kerjasama ini juga menetapkan kewajiban bagi perguruan tinggi untuk memberikan fasilitas dan dukungan yang diperlukan kepada mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini, termasuk akomodasi, biaya pendidikan, dan bantuan dalam hal pengurusan administrasi dan visa jika diperlukan.

Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerjasama ini, diharapkan jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 dapat meningkat secara signifikan.  Penandatanganan PKS ini juga merupakan langkah signifikan guna memperkuat kualitas pendidikan dan kemahasiswaan di Indonesia. Dengan kolaborasi yang terjalin melalui PKS ini diharap akan memberikan dampak positif yang besar bagi sistem pendidikan dan kemahasiswaan di tanah air. (AYWS/kdx)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rilis Berita

Agenda

Info

Social Media

On Key

Related Posts