UNIMUDA Sorong Pecahkan Rekor MURI, Berdayakan 111 UMKM Melalui Kedaireka

Rekor MURI UNIMUDA

UNIMUDANews | Universitas  Pendidikan  Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong berhasil memecahkan rekor MURI sebagai perguruan tinggi pelaksana pemberdayaan 111 UMKM di Tanah Papua melalui Matching Fund Kedaireka. Rekor MURI ini berhasil diraih melalui Festival Kuliner Reka-Muda pada 15 Desember 2022 yang diikuti oleh 111 UMKM di Sorong Raya.

Pemecahan rekor MURI ini dihadiri oleh Kepala LLDIKTI XIV Wilayah Papua & Papua Barat, Anggota DPR-RI, Staf Ahli Bagian SDM Bupati Sorong, PWM Papua Barat, Mitra UNIMUDA Sorong, Rektor dan Sivitas UNIMUDA Sorong. Acara dibuka secara simbolis dengan pemotongan pita sebagai tanda pembuka acara Festival Kuliner Reka-Muda. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan berita acara MURI dari notaris kepada UNIMUDA Sorong.

Festival kuliner ini berlangsung selama 2 hari dan dikunjungi oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan di Sorong Raya. Selain menikmati kuliner khas Papua yang disajikan oleh para UMKM, para pengunjung juga dapat mengikuti lomba tari khas Papua untuk tingkat TK hingga SMA/SMK.

Festival Kuliner Reka-Muda sendiri merupakan rangkaian akhir dari program Branding Produk UMKM Kabupaten Sorong melalui OK-PACE (Optimalisasi Keterampilan Bisnis UMKM melalui Pariwisata Lokal dan E-Commerce). Program kolaborasi dosen UNIMUDA Sorong ini berhasil meraih Hibah Program Matching Fund Tahun Anggaran 2022 Periode Maret dan Periode April Gelombang 4 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si. mengatakan bahwa kegiatan Festival Kuliner Reka-Muda ini merupakan wujud nyata dari komitmen UNIMUDA untuk terus berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di Tanah Papua.

“Ini adalah prestasi yang luar biasa dan merupakan bukti nyata dari komitmen kami dalam memberikan dukungan kepada UMKM di Sorong Raya. UNIMUDA Sorong telah terus berupaya untuk menjadi lembaga pendidikan yang terpercaya dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Kami percaya bahwa dengan berdayakan UMKM, kami dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tanah Papua.” ujar beliau

Sementara itu, Retna Purbawati., SH., SE., M. Kn. Sebagai notaris, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan terbaik yang pernah dilakukan oleh perguruan tinggi di Tanah Papua.

“Kami ucapkan selamat kepada UNIMUDA Sorong karena telah memecahkan rekor MURI dan kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya untuk terus berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat,” ujar beliau

Pemecahan Rekor MURI ini merupakan upaya nyata UNIMUDA untuk turut serta mengembangkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua melalui Program Matching Fund Kedaireka. Dengan adanya pemberdayaan UMKM ini, diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di tingkat lokal maupun nasional, serta dapat membuka lapangan kerja baru di daerah tersebut.

Dengan terselenggaranya festival kuliner 111 UMKM ini, Pemecahan Rekor MURI UNIMUDA Sorong telah berhasil dicapai, karena ini merupakan festival kuliner terbesar yang pernah diselenggarakan di Sorong Raya. (iri)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rilis Berita

Agenda

Info

Social Media

On Key

Related Posts