4 Mahasiswa UNIMUDA Sorong Ikuti Pelatihan Potensi SAR untuk Tingkatkan Kesiapsiagaan Darurat 👁️️ 180

By Nursalim Rabu, 15 Mei 2024 | 11:41 am Berita

4 Mahasiswa UNIMUDA Sorong Ikuti Pelatihan Potensi SAR untuk Tingkatkan Kesiapsiagaan Darurat

UNIMUDA News | Empat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengikuti Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Sorong. Pelatihan ini dilaksanakan di Sorong dari tanggal 13 hingga 18 Mei 2024 dan berfokus pada teknik pertolongan pertama pada kecelakaan (Medical First Responder).

Pelatihan ini merupakan bagian integral dari program kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong tahun 2024. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan potensi SAR di wilayah kerja mereka. Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 27 instansi dan organisasi, termasuk perwakilan dari berbagai lembaga pemerintah, organisasi non-pemerintah, serta komunitas masyarakat.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong, yang beralamat di Jl. Perwakilan No. 115, Kelurahan Klawuyuk, Sorong Timur, Kota Sorong, menyelenggarakan pelatihan ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat kapasitas tanggap darurat di wilayah Papua Barat Daya dan sekitarnya. Dengan meningkatnya frekuensi bencana alam dan situasi darurat lainnya, pelatihan ini sangat penting untuk memastikan bahwa masyarakat lokal memiliki keterampilan yang diperlukan untuk merespon dengan cepat dan tepat.

Empat mahasiswa dari UNIMUDA Sorong yang berpartisipasi dalam pelatihan ini dipilih Oleh Ketua Program Studi berdasarkan beberapa kriteria. Partisipasi mereka dalam pelatihan ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mereka, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kapasitas tanggap darurat di komunitas mereka.

Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan bahwa para peserta, termasuk mahasiswa dari UNIMUDA Sorong, dapat menjadi agen perubahan yang aktif. Mereka diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan keselamatan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat di masa yang akan datang.

Pelatihan Potensi SAR ini juga diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak individu dan organisasi untuk berpartisipasi dalam program-program serupa di masa depan, sehingga tercipta jaringan potensi SAR yang lebih kuat dan siap menghadapi berbagai tantangan di wilayah masing-masing. (UMF)

By Nursalim Rabu, 15 Mei 2024 | 11:41 am

Tulis Komentar Anda