Casio Gandeng UNIMUDA Sorong Gelar Workshop Pemanfaatan Scientific Calculator Bagi Guru SMA dan SMK 👁️️ 175

By Operator Website Senin, 10 Februari 2020 | 14:31 pm Berita

Casio Gandeng UNIMUDA Sorong Gelar Workshop Pemanfaatan Scientific Calculator Bagi Guru SMA dan SMK

SORONG | Revolusi Industri 4.0 yang cenderung dipengaruhi oleh digitalisasi dalam berbagai aspek atau sendi kehidupan, termasuk tantangan bagi dunia pendidikan termasuk dijenjang Perguruan Tinggi yang harus mampu meningkatkan kapasitas civitas akademika secara berkelanjutan, apalagi dengan dibukanya peluang membuka program studi secara mandiri jika memenuhi standar akreditasi perguruan tinggi tingkat A, namun hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan terutama peluang kerja ataupun membuka lapangan kerja baru.

Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd., saat membuka pelatihan pemanfaatan ‘Scientific Calculator’ dalam mendukung pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) bagi guru matematika SMA dan SMK se-kota dan Kabupaten Sorong, Sabtu (8/2) di meeting room UNIMUDA Sorong.

Ditambahkan Donni Sudibyo, dengan kemajuan teknologi saat ini, penggunaan peralatan seperti Calculator Scientific cukup dibutuhkan, UNIMUDA sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan menyiapkan perangkat penting pembelajaran sehingga kolaborasi antara berbagai pihak harus terus digiatkan secara berkelanjutan.

”Kegiatan ini untuk FKIP dan lebih khusus untuk prodi matematika sangat baik sekali karena mahasiswa selain kuliah mereka harus mempunyai skill lain, artinya bahwa kita harus punya surat keterangan pendamping ijazah selain dia guru matematika dia harus juga mempunyai skill lainya, karena ini adalah era diskursif semakin kedepan akan semakin jelas untuk perubahan ” kata Doni.

Sementara itu, Master Trainer Casio Indonesia, Chandra Sri Ubayanti mengatakan melalui kegiatan pelatihan pemanfaatan Scientific Calculator ini bertujuan untuk mengedukasi guru dalam penggunaan calculator scientific ini, pelatihan ini telah dilaksanakan di Manokwari, Fakfak, dan Sorong, dimana pihak Casio memberikan perhatian kepada guru MIPA.

”Calculator akan menjadi tools yang di pertimbangkan, karena calculator adalah alat alternatif bukan hanya untuk komputasi tetapi mempunyai empat fungsi yaitu representasi, afirmasi, dan eksplorasi. Calculator sudah bisa mengajak guru-guru dan calon guru untuk berfikir yang berbeda, sudut pandang yang berbeda, karena calculator bukan hanya untuk berhitung tetapi bisa mengajak untuk berfikir” kata Chandra Sri Ubayanti.

Pelatihan pemanfaatan Scientific Calculator diikuti calon guru dan guru yang tergabung didalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kabupaten dan kota Sorong. [ds]

By Operator Website Senin, 10 Februari 2020 | 14:31 pm