Ciptakan Karakter Responsif dan Unggul, UNIMUDA Gelar Pelatihan Hubungan Masyarakat, Kerjasama, Protokol, dan Media 👁️️ 477

By Endra Putra Raharja Jumat, 06 Maret 2020 | 11:20 am Berita

Ciptakan Karakter Responsif dan Unggul, UNIMUDA Gelar Pelatihan Hubungan Masyarakat, Kerjasama, Protokol, dan Media

UNIMUDASORONG.AC.ID | Menghadapi era distruptif yang terjadi saat ini, diperlukan kolaborasi yang kuat antara satu pihak dengan pihak yang lain. Untuk itu, hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik menjadi kunci bagaimana pihak tersebut dapat mengembangkan diri dan lembaganya. UNIMUDA Sorong melalui Biro Humas dan Kerjasama, sadar betul tentang pentingnya hubungan komunikasi yang harus dimiliki oleh mahasiswa sejak kuliah di UNIMUDA Sorong. Maka, (Jumat,6/3/2020) diselenggarakan Pelatihan Hubungan Masyarakat, Kerjasama, Protokol, dan Media yang berlangsung di Meeting Room UNIMUDA Sorong.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor UNIMUDA Sorong, Doni Sudibyo, M.Pd. yang dalam sambutannya menekankan pentingnya hubungan antara satu pihak dan pihak yang lain. “Skill dan keterampilan manusia itu terbatas, bisa tergantikan oleh sistem, namun hal yang bersifat humanis seperti kemampuan untuk komunikasi, menghargai orang, mengambil hati orang, negosiasi, cepat tanggap, dan jujur inilah yang akan dapat digunakan di masa depan”. Ungkap Wakil Rektor.

Lanjut menurut wakil rektor bahwa saat ini banyak Lembaga yang gencar menjalin hubungan kerjasama. Karena tak dipungkiri saat ini semua lembaga tak bisa berdiri sendiri dan harus membutuhkan bantuan lembaga lain untuk pengembangannya.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh 51 mahasiswa yang berasal dari seluruh Ortom Muhammadiyah Kabupaten Sorong, ORMAWA, UKM dan HIMA Prodi di UNIMUDA Sorong. Terdapat dua pemateri pada pelatihan ini, pemateri pertama adalah Waskito Aji Suryo, M.Or. (Kepala Biro Humas dan Kerjasama) yang membawakan materi tentang hubungan masyarakat, kerjasama, serta protokol. Sedangkan pemateri kedua disampaikan oleh Endra Putra Raharja, M.Pd. (Sekretaris Biro Humas dan Kerjasama) yang membawakan materi tentang media.

Melalui pemaparan materinya, Waskito Aji Suryo mengajak seluruh organisasi di UNIMUDA Sorong untuk berkolaborasi Bersama Biro Humas dan Kerjasama untuk menjalin berbagai kerjasama dengan pihak luar. “Kami di Biro Humas dan Kerjasama terbuka untuk seluruh organisasi mahasisiwa di UNIMUDA, jika ada yang bingung untuk bikin ini harus hubungi siapa dll., silahkan pintu office terbuka lebar untuk kita berdiskusi, memecahkan masalah, dan jalin kerjasama dengan pihak luar”. Tutur Aji. 

Dalam hal protokol, pemateri juga ingin seluruh organisasi untuk melapor kegiatan kepada Biro Humas dan Kerjasama agar kegiatan dapat dilakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh kampus. 

Tak hanya di bidang kerjasama, Waskito Aji juga menyerukan kepada seluruh organisasi yang kesulitan dalam hal mengelola media juga dapat berdiskusi bersama. “Bagi organisasi yang ingin konsultasi tentang desain & branding di bidang media juga kami terbuka untuk itu, entah dalam hal melatih desain grafis ataupun konsultasi branding yang lain kami siap melayani anda semua”. Tambahnya.

Harapan dari Biro Humas dan Kerjasama dari pelatihan ini, ke depannya organisasi mahasiswa di UNIMUDA Sorong dapat berperan aktif dalam hal meningkatkan kerjasama dengan pihak luar. Juga dalam menyelenggarakan kegiatan agar sesuai dengan protokol dan standar yang telah ditetapkan oleh kampus. Dalam hal media, organisasi mahasiswa juga agar konsisten dalam menyampaikan konten-konten yang menarik di sosial media. [EPR]

By Endra Putra Raharja Jumat, 06 Maret 2020 | 11:20 am