Ciptakan Mahasiswa sebagai Entrepreneur, UNIMUDA Latih Wirausaha Muda Melalui Start Up Berbasis Biologi 👁️️ 526

By d.sudibyo Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:06 pm Berita

Ciptakan Mahasiswa sebagai Entrepreneur, UNIMUDA Latih Wirausaha Muda Melalui Start Up Berbasis Biologi

UNIMUDANews | Kembangkan potensi mahasiswa melalui berwirausaha Universitas Pendidilkan Muhammadiyah Sorong resmi gelar Uji Kelayakan Kelompok Wirausaha Program Pengembangan Wirausaha Muda Melalui Start Up Berbasis Biologi. Program ini merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang didukung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).  

Program ini dilaksanakan sebagai wadah inkubator bisnis rintisan nasional di dunia pendidikan dengan mengajak mahasiswa untuk memaksimalkan potensinya dengan menjalin kerjasama dengan salah satu DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) yang ada di Makassar yaitu CV. Booble Mitra Kreatif.

Ibu Nurul Alia Ulfa, M.Pd. selaku penanggungjawab kegiatan ini menyampaikan tujuan diadakannya program ini adalah untuk membuka wawasan mahasiswa khususnya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi agar dapat menambah wawasan. Mahasiswa nantinya akan diajarkan bagaimana cara pemasaran, pengemasan dan sebagainya. Penjualan ini juga akan dilakukan melaui start up yang dinamai BioMart.

“jadi dilaksanakannya program ini adalah untuk mahasiswa, yang saat ini khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Tujuannya adalah agar dapat membuka wawasan mahasiswa agar mereka dapat menjadi enterpreneur muda dan nantinya mereka akan diarahkan untuk berwirausaha terkhusus wirausaha di bidang Biologi, nanti juga mereka akan diajarkan bagaimana cara pemasaran produk mereka berbasis start up.” Jelas Bu Ulfa.

Bu Ulfa juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menjangkau masyarajat luas, dengan menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan nantinya tidak hanya masyarakat di Papua dan Papua Barat saja, tetapi masyarakat di luar papua juga dapat menjangkau hasil dari penjualan yang dilakukan oleh mahasiswa ini melalui aplikasi.

Selain itu tujuan dilakukannya kegiatan ini selain untuk menambah wawsan mahasiswa juga ingin memeperkenalkan hasil karya mahasiswa dan ciri khas yang ada di Papua kepada masyarakat luas, seperti Noken, dan produk lainnya yang dihasilkan oleh mahasiswa.

Program ini akan dilaksanakan selama 3 bulan terhitung mulai dari bulan Juli hingga September dan akan didampingi langsung oleh mitra dari CV. Booble Mitra Kreatif. Selama Pendampingan tersebut mahasiswa diberi motivasi dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, sehingga nantinya benar-benar akan menghasilkan wirausaha muda yang hebat. Ibu Ulfa juga menyampaikan harapannya kedepan untuk Program Pengembangan Wirausaha Muda Melalu Start Up Berbasis Biologi.

“...dengan adanya program ini saya berharap kedepannya mahasiswa pikirannya agar lebih terbuka sehingga tidak hanya berpatokan untuk menjadi pegawai saja kedepannya tetapi juga bisa melakukan wirausaha sehingga dapat membantu mereka juga untuk mendapat tambahan, menambah income agar bisa meringankan beban orang tua.” Tutupnya. (kdx)

By d.sudibyo Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:06 pm

Tulis Komentar Anda