Closing Ceremony Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 Inbound UNIMUDA Sorong Berlangsung Haru πŸ‘οΈοΈ 263

By Nursalim Sabtu, 18 Mei 2024 | 22:03 pm Berita

Closing Ceremony Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 Inbound UNIMUDA Sorong Berlangsung Haru

UNIMUDANews | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menggelar Closing Ceremony Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 Inbound pada hari Sabtu (18/5/2024) di Unimuda Convention Center (UCC). Acara ini menandai berakhirnya program pertukaran mahasiswa yang telah berlangsung selama satu semester.

Acara penutupan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk wakil rektor I UNIMUDA Sorong, Muchlas Triono, M.Pd., kepala lembaga implementasi MBKM, PIC PMM 4, para dekan fakultas, dosen modul, serta para mahasiswa peserta PMM. Suasana penuh semangat dan keakraban terasa di UCC saat para mahasiswa dan tamu undangan berkumpul untuk merayakan pencapaian dan pengalaman berharga selama program berlangsung.

Mukhlas Triono, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para mahasiswa peserta PMM Batch 4. “Sore ini saya tidak merasakan di dalam ruangan ini mahasiswa-mahasiswa PMM 4,  tetapi lebih besar dari itu saya merasakan hawa yang berada di ruangan ini adalah orang-orang yang kelak akan menjadi orang-orang besar di negara ini. Siapa yang pernah menginjakkan tanah Papua dan minum air di Papua, bergembira di tanah Papua insyaallah akan menjadi orang besar di negara ini.” Ujarnya.

Selain itu Muchlas Triono, M.Pd., juga menyampaikan rasa terimakasih atas kesediaan untuk memilih UNIMUDA Sorong sebagai kampus tujuan mengatakan,Saya ingin menyampaikan rasa terimakasih mewakili pak rektor dan seluruh sivitas akademika atas kesediaan memilih UNIMUDA Sorong menjadi tujuan dari PMM 4 ini, tentu ini bukan pilihan yang mudah tentu banyak pertimbangan di belakang.dari ribuan pendaftar dan yang ada di ruangan ini insyaallah adalah orang-orang yang terpilih. Saya tidak ingin menafikkan, selama kalian disini tentu ada masalah dan sebagainya. Tapi pesan kami dari sivitas UNIMUDA Sorong tolong ceritakan kebaikan-kebaikan kami di tempat lain, lalu hal-hal yang kurang dari kami tidak perlu diceritakan kepada orang lain tetapi ceritakan kembali ke kami supaya kedepan kami bisa memperbaiki kekurangan kami dan juga menjadi evaluasi bagi kami untuk angkatan-angkatan setelah kalian.” Sambungnya.

Tak hanya itu, PIC PMM Batch 4 Inbound UNIMUDA Sorong Harmaman, M.Pd., yang melaporkan kegiatan-kegiatan PMM 4 selama di UNIMUDA Sorong menegaskan “Pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, kesempatan dan tentunya semangat untuk mengikuti kegiatan closing ceremony ini yang menandakan bahwa teman-teman sekalian sebentar lagi akan meninggalkan UNIMUDA Sorong, namun pergi bukan berarti teman-teman tidak kembali lagi. Sekarang ini sudah bisa berkomunikasi melalui sosial media jadi teman-teman akan selalu berkomunikasi.” Tegasnya.

Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing. Salah satu momen yang paling dinantikan adalah penampilan seni budaya dari berbagai daerah yang dibawakan oleh para mahasiswa peserta PMM. Tari-tarian tradisional menggambarkan kekayaan budaya Indonesia dan menunjukkan keberagaman yang ada di antara mahasiswa dari berbagai penjuru Nusantara.

Selain itu, beberapa mahasiswa juga berbagi cerita, kesan, pesan dan pengalaman mereka selama mengikuti program pertukaran di kampus UNIMUDA. Mereka mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan untuk belajar di lingkungan yang baru, bertemu dengan teman-teman dari berbagai latar belakang, dan memperluas wawasan mereka.

Acara closing ceremony ini ditandai dengan pelepasan almamater dan diselingi dengan penampilan dari mahasiswa selain itu juga memberikan penghargaan serta kenang-kenangan kepada para dosen modul yang selama kegiatan mendampingi mahasiswa. Tak hanya itu dari pihak mahasiswa pertukaran juga memberikan kenangan berupa buku yang mereka susun dan cetak sebagai tanda bentuk terimakasih mereka terhadap kampus UNIMUDA Sorong.

Closing Ceremony PMM Batch 4 Inbound ini tidak hanya menandai akhir dari program pertukaran mahasiswa, tetapi juga menjadi awal dari perjalanan baru bagi para peserta untuk menerapkan ilmu dan pengalaman yang telah mereka dapatkan. Semoga program ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa di masa mendatang.

Dengan berakhirnya program ini, diharapkan para mahasiswa dapat menjadi duta-duta yang mempromosikan semangat persatuan dan keberagaman di lingkungan mereka masing-masing, serta terus menjalin hubungan baik dengan teman-teman baru yang telah mereka temui selama program PMM. (SHF)

By Nursalim Sabtu, 18 Mei 2024 | 22:03 pm

Tulis Komentar Anda