Direktur Sumber Daya Dirjendikti Nilai UNIMUDA Berhasil Membangun SDM di Tanah Papua 👁️️ 161

By Aswitha Sari Suprihathin Rabu, 31 Maret 2021 | 13:30 pm Berita

Direktur Sumber Daya Dirjendikti Nilai UNIMUDA Berhasil Membangun SDM di Tanah Papua

UNIMUDANEWS | Ikut serta dalam satu rombongan bersama Bapak Dirjen Dikti saat kunjungan ke Papua dan Papua Barat adalah Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dikti Kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Dr. Muhammad Sofyan Efendi, M.Ed., menyempatkan berkunjung ke salah satu pulau daerah binaan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yaitu di kampung Arar [30/03/21].

Setibanya Direktur bersama rombongan di Kampung Arar di sambut meriah dengan penampilan Hadrah oleh anak-anak muslim dari SMP Lab School UNIMUDA kampung Arar dan kemudian rombongan tim diarahkan menuju pantai kampung Arar yang di iringi oleh suling tambur ciri khas Kampung Arar yang dimainkan oleh anak-anak Nasrani dari SMA Lab School UNIMUDA Kampung Arar.

Dalam sambutannya Direktur Sumber Daya sangat kagum dengan capaian UNIMUDA Sorong yang sudah secara nyata memberikan kontribusi kepada negara dengan memberdayakan masyarakat kampung di Pulau arar.

"..dan dengan melihat kondisi yang ada di pulau ini, saya pikir UNIMUDA Sorong sudah sangat nyata dalam mengabdi kepada negara Republik ini, apalagi dengan ada sekolah-sekolah labschool ini berarti UNIMUDA Sorong sudah sangat membantu pemerintah dalam rangka peningkatan Sumber daya manusia di negeri ini. untuk kami dari kementerian akan bersinergi dengan UNIMUDA Sorong untuk membantuk peningkatan SDM di kampung Arar ini". ungkap Direktur.  

Dalam kesempatan itu, Rektor UNIMUA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., dalam sambutan selamat datangnya menyampakan tentang letak geografis kampung Arar yang berbeda dari kampung lainnya dikarenakan berada di pulau sehingga membutuhkan transportasi laut untuk sampai ke sebrang, dengan menempuh waktu sekitar kurang lebih 1 jam untuk sampai ke lokasi ditambah dengan rasa kekerabtan yang begitu erat dan kerukunan yang sangat luar biasa sehingga membuat anak-anak mereka enggan untuk meninggalkan kampungnya.

“Setelah lulus SD saat  mereka  dikirim untuk sekolah di luar pulau, namu mereka tidak  bertahan lama karena masih terbilang anak-anak kecil dan jika mereka sekolah dari sini berangkat jam 4 subuh dan pulang jam 6 sore. Sehingga hanya sekitar 15% yang dapat melanjutkan ketingkat SMP, sehingga satu-satunya jalan kita harus menghadirkan SMP Lab School, kami mendapat donatur dari Uni Emirat Arab pada tahun 2009 dan kami mendirikan lagi SMA pada tahun 2012.” Tegas Rektor UNIMUDA Sorong Dr. Rustamadji, M.Si.

Dengan adanya sekolah yang dibuat dan dibina oleh UNIMUDA Sorong yang bersinergi dengan pemerintah setempat maka hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Arar karena saat ini masyarakat bisa bersekolah dari SD hingga lulus SMA di kampungnya sendiri. Banyak dari lulusan SMA UNIMUDA yang langsung melanjutkan pendidikannya untuk kuliah dan ada juga yang melanjutkan untuk tes angkatan militer. [AW/DS]

By Aswitha Sari Suprihathin Rabu, 31 Maret 2021 | 13:30 pm