Dirjen Belmawa Nilai LPM UNIMUDA Unggul Berbasis IT ๐Ÿ‘๏ธ๏ธ 565

By Endra Putra Raharja Kamis, 16 September 2021 | 23:45 pm Berita

Dirjen Belmawa Nilai LPM UNIMUDA Unggul Berbasis IT

UNIMUDANews | Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemedikbud Ristek) mengakui kinerja Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, hal ini dibuktikan dengan diraihnya Hibah SPMI tahun 2021 dari Dirjen Belmawa Kememndikbud Ristek oleh LPM UNIMUDA Sorong, selain itu LPM UNIMUDA Sorong juga sudah berbasis IT dan dinilai sangat unggul, seperti disampaikan oleh Tim Monev Progam Hibah SPMI dari Belmawa kemarin (19/9/21).

Salah satu bentuk pengendalian dari Belmawa terhadap Program hibah ini adalah Monitoring Dan Evaluasi. Monev Program Bantuan  Pengembangan SPMI kemendikbudristek ini dilaksanakan di Meeting Room Gedung Mas Mansyur dan berlangsung secara daring, kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari pelaksanaan hibah program pengembangan SPMI  yang dimenangkan oleh UNIMUDA Sorong di tahun 2021.

Kepala LPM UNIMUDA Sorong, Abdul Hafid, M.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan dengan baik begitupun dengan tanggapan dari dua tim Belmawa dari kemendikbudristek menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan dengan baik.

“dan itu telah kami laksakan dengan baik, tadi tanggapan dari dua tim monev dari belmawa menyampaikan tanggapan yang sangat baik, sehingga semua program yang telah kami cantumkan pada termin pertama telah kami laksanakan dengan sangat baik. Ungkapnya.

Harapan dengan adanya program hibah ini ada peningkatan mutu untuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong seperti di tahun 2025 Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong bisa meraih peringkat unggul serta prodi-prodi yang ada di UNIMUDA Sorong dapat meraih peringkat unggul.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk tim dapat langsung mengukur dan  melihat secara langsung tentang apa saja yang telah dilaksankan di dalam program ini. Dalam program bantuan ini terdapat  10 program yang ada dalam termin pertama telah dilaksanakan.

Beliau juga mengungkapkan bahwa kegiatan monev ini tidak menemui kendala apapun dalam pelaksanaan pada hari ini. 

Alhamdulillah tidak ada kendala sama sekali seperti yang saya sampaikan tadi kegiatan ini telah berjalan dengan bagus menurut tim MONEV karena semua yang kita laksanakan itu sudah ada prodaknya, sudah ada dokumennya dan semua  materi yang kita panggil seperti narasumber dalam kegiatan ini kan metri baru ya missal saja beliau selain aktif di penjaminan mutu di kampus masing-masing juga sebagai tim asistensi dari majelis diktilitbang pimpinan pusat muhammadiyah jadi tadi tim monev menyampaikan bahwa progresnya sudah baik sekali, tinggal menyelesaikan termin yang kedua.” Ungkapnya.

Hafid mengungkapkan bahwa ada tantangan tersendiri untuk kemajuan UNIMUDA Sorong kedepannya.

kedepan itu lebih kepada kita menyusuaikan pada peraturan-peraturan terbaru, itu sebenarnya bukan tantangan ya lebih kepada untuk kemajuan kita sendiri. Misalnya di tahun 2022 yang kurang 4 bulan lagi, mau tidak mau semua perguruan tinggi itu harus menerapkan permendikbud 3 tahun 2020 tentang system nasional pendidikan tinggi atau SN Dikti. tambahnya.

Beliau juga menyampaikan apa yang menjadi harapan dalam terlaksananya kegiatan MONEV ini.

harapannya kedepan itu di tahun akademik 2021/2022 semua sistem penjaminan mutu 100% kita sudah laksanakan by system  online gitu ya, karena ini kan kita dalam penjaminan mutu sekitar 60% berbasis IT/ berbasis sistem, jadi sisa 40 audit mutu internal insyaa Allah di tahun 2022 kita akan melaksanakan 100% by system.“ Tutupnya. (lp/ds)

By Endra Putra Raharja Kamis, 16 September 2021 | 23:45 pm

Tulis Komentar Anda