Dukung Pencegahan Korupsi Sejak Dini di Institusi Pendidikan, UNIMUDA Sorong hadiri Sosialisasi SPI Pendidikan yang diselenggarakan oleh KPK 👁️️ 299

By Nursalim Kamis, 23 Mei 2024 | 15:31 pm Berita

Dukung Pencegahan Korupsi Sejak Dini di Institusi Pendidikan, UNIMUDA Sorong hadiri Sosialisasi SPI Pendidikan yang diselenggarakan oleh KPK

UNIMUDANews. Maraknya kasus korupsi yang terjadi di kalangan masyarakat pada akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan,  ironisnya lagi dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan baik di lingkup pejabat publik maupun swasta dari hulu ke hilir, bahkan yang teranyar dilakukan oleh beberapa menteri dalam lima tahun terakhir yang melibatkan pelaku swasta di berbagai sektor.  Dalam perspektif Pendidikan perilaku korupsi bertentangan dengan nilai-nilai tujuan Pendidikan Nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan Pendidikan nasional yang termaktub dalam UU Nomor 20 tahun 2003 ini sebagai turunan dari UUD 1945 menjadi landasan utama dalam mengelola institusi dan mengembangkan karakter peserta didiknya.

Selain itu, dalam praktiknya korupsi ini ternyata bagian dari salah satu lima dosa besar Pendidikan yang sampai saat ini masih terus hidup di tengah-tengah Pendidikan bahkan cenderung berdampak luas pada aktor-aktor dalam Pendidikan. oleh karena itu, UNIMUDA Sorong sebagai salah satu institusi Pendidikan tinggi di provinsi Papua Barat Daya sangat antusias mendukung dengan penyelenggaraan Pendidikan anti korupsi diberbagai institusi Pendidikan. Bentuk komitmennya dibuktikan dengan menjadikan mata kuliah tersendiri dan mendelegasikan tim untuk mengikuti sosialisasi SPI Pendidikan dan Stranas serta Panduan Implementasi PAK yang di selenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari Rabu, 22 Mei 2024 bertempat di Kantor Gubernur Papua Barat Daya lantai tiga.

 

Adapun luaran dari kegiatan ini adalah akan dilaksanakan SPI (survei penilaian integritas) Pendidikan tingkat perguruan tinggi yaitu di UNIMUDA Sorong dan institusi Pendidikan lain yang dijadikan sampel dalam waktu dekat hingga bulan oktober tahun 2024, serta sosialisasi pencegahan, pendidikan dan penindakan terhadap perilaku korupsi, khususnya dalam Pendidikan Anti korupsi setidaknya Lembaga Pendidikan harus melakukan tiga kegiatan yaitu insersi PAK pada kurikulum, Pembangunan integritas ekosistem Pendidikan, dan pemberdayaan jenjang Pendidikan. Sedangkan dalam survei penilaian integritas (SPI) Pendidikan ada tiga hal yang akan diukur yaitu indeks karakter, indeks ekosistem, dan indeks tata kelola. Pada akhirnya tujuan akhir dari kegiatan ini adalah meningkatnya indeks integritas perilaku baik peserta didik. (zk)

By Nursalim Kamis, 23 Mei 2024 | 15:31 pm

Tulis Komentar Anda