Gelar Kuliah Pengabdian Masyarakat Reguler Angkatan 2018, Begini Pesan Rektor Untuk Mahasiswa 👁️️ 132

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Jumat, 05 November 2021 | 20:59 pm Berita

Gelar Kuliah Pengabdian Masyarakat Reguler Angkatan 2018, Begini Pesan Rektor Untuk Mahasiswa

UNIMUDANews | Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong mengadakan Pembekalan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) untuk mahasiswa pada Jum’at, (05/11).

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) merupakan salah satu tugas akhir bagi mahasiswa di setiap perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai agen of change dan ujung tombak untuk masyarakat, dalam hal ini mahasiswa di minta untuk dapat membantu warga di kampung, kelurahan atau kabupaten, tempat mereka di tempatkan. Mahasiswa diminta untuk dapat melakukan berbagai hal tanpa di bayar ataupun di gaji, bahkan mahasiswa harus dapat memberikan perubahan terhadap tempat yang mereka singgahi tersebut.

Pada pembekalan yang digelar di Gedung Sportorium ini dihadiri oleh sebanyak 300 mahasiswa semester 7 (tujuh). Turut hadir narasumber-narasumber dalam pelaksanaan pembekalan tersebut. Kegiatan ini dibuka oleh PLT Wakil Rektor 1, Mukhlas Triono, M.Pd. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa wejangan kepada mahasiswa yang akan mengabdi di tempat-tempat yang telah ditetapkan. Mukhlas juga memberikan beberapa motivasi kepada mahasiswa yang pada penutupan kegiatan pembekalan ini akan langsung di lepaskan.

“KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) Reguler ini merupakan sebuah program dengan tujuan untuk mengajarkan teman-teman untuk merasakan bagaimana kehidupan yang sesungguhnya di desa pedalaman yang penuh dengan keterbatasan. KPM juga Mengajarkan arti dari kebersamaan didalam tim untuk itu teman-teman tetap harus solid dan diharapkan setelah kegiatan ini banyak hal yang tema-teman dapatkan serta dapat diimplementasikan.” Ungkapnya.

Kedatangan mahasiswa KPM yang pastinya membuat suatu perubahan yang positif, saling menukarkan pendapat, mengimplementasikan kepada masyarakat apa yang didapatkan di kampus selama 30 hari dan rasanya begitu singkat.

Beberapa kampung atau kelurahan yang menjadi mitra UNIMUDA Sorong untuk pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat ini sebanyak 30 kampung mitra di Kabupaten Raja Ampat, Kota Sorong, Distrik Salawati, Kabupaten Fak-fak, Kabupaten Seram Bagian Timur, Distrik Aimas, Distrik Mariat, Distrik Mayamuk dan Distrik Makbon. (kdx) 

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Jumat, 05 November 2021 | 20:59 pm

Tulis Komentar Anda