Hasilkan Model Pembelajaran Baru, UNIMUDA hadirkan Profesor dari UM Malang 👁️️ 224

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:08 pm Berita

Hasilkan Model Pembelajaran Baru, UNIMUDA hadirkan Profesor dari UM Malang

UNIMUDANews | Wujudkan totalitas kampus merdeka Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong melaksanakan Program Pengembangan Model  Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Industry Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Program ini  merupakan salah satu aktivitas dari program kompetisi kampus merdeka yang dimenangkan oleh kampus UNIMUDA Sorong.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Yus Mochammad Cholily, M.Si., beliau merupakan salah satu professor termuda di Indonesia khususnya di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA). Orang yang sering disapa Prof. Yus ini merupakan mitra Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong sejak masih bernama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong.

Wakil Rektor III Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Bapak Sirodjudin, M.Pd. mengatakan bahwa sasaran dari kegiatan ini adalah untuk para dosen UNIMUDA Sorong, dimana dosen ini yang nanti diharapkan dapat menghasilkan luaran berupa modul sebanyak 5 modul yg semuanya menggunakan inovasi pengembangan model PGPL dan based industry yang nanti akan diterapkan kepada mahasiswa UNIMUDA Sorong. Selain itu UNIMUDA Sorong akan melakukan kerjasama dengan berbagai industry di dunia usaha yang salah satunya BULOG yang ada di Kota Sorong, PGN, The Papua Jamur dan berbagai toko pertanian, Lab. Pengendalian Hama Terpadu, dan Pengalengan yang ada di Kabupaten Sorong guna meningkatkan kapasitas serta elaboritas mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UNIMUDA Sorong.

“Kegiatan ini akan didampingi penuh oleh Profesor Yus, termasuk beliau telah mereview panduan inovasi model pembelajaran PJBL dan based industry. Saat  ini dosen-dosen UNIMUDA Sorong khususnya dosen Biologi sedang menyusun modul yang didampingi oleh Prof. Yus. Dan beliau telah mengarahkan yang di luar ekspetasi dosen-dosen muda biologi sehingga nantinya dapat mengeluarkan luaran yang sangat bermanfaat untuk pendidikan biologi dan UNIMUDA Sorong.” Ungkap warek III

Beliau juga mengatakan bahwa selain untuk tujuan pengembangan juga untuk menjalin mitra kerja sama, karena ada based industrynya jadi nanti mahasiswa model penbelajarannya akan sedikit dirubah dan akan bergandengan dengan mitra, serta akan mencari solusi permasalahan yang ada di mitra sehingga semuanya akan menjadi satu kesatuan yang epic.

“Selain untuk silahturahmi Prof. Yus juga menjadi tutor UNIMUDA Sorong atau pendamping pengembangan penelitian pengabdian yang ada di UNIMUDA Sorong sejak tahun 2014 serta yang mendampingi risetnya, bahkan saat ini Prof. Yus mengadakan riset kolaboratif bersama dosen program studi pendidikan matematika Ibu Heni Sri Astuti. Penelitian ibu heni dan Prof Yus ini telah didanai oleh Kemendikbudristek sejak tahun 2018. Kemudian selain itu juga adanya program pengembangan model inovasi pembelajaran industry ini, kemudian beliau juga mereview beberapa kegiatan, diantaranya penyusunan  kurikulum beberapa program studi, SDM yang ada di UNIMUDA Sorong” Sambungnya

Hal ini sangat kompleks tujuan dari Prof. Yus bukan hanya pengembangan model PGPL dan model industry saja, akan tetapi semua yang berkaitan dengan penelitian pengabdian serta pendidikan semua berkaitan dengan Prof Yus. Hal ini sudah menjadi agenda tahunan Prof. Yus berkunjung ke UNIMUDA Sorong. (lp)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:08 pm

Tulis Komentar Anda